Mendidik Anak Peduli Kepada Kaum Duhafa

Mendidik Anak Peduli Kepada Kaum Duhafa

Tulang Bawang barat, (Lp1)-Dalam rangka menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa sosial, Madrasah Ibtidaiyah Amanah 1 (MIS) Bujung Sari Marga, Kecamatan Pagar Dewa, mengajak para siswa menunaikan zakat fitrah sekaligus mengelolanya, hal ini merupakan kegiatan tahunan saat bulan suci Ramadhan. Demikian dijelaskan Kepala MIS Amanah 1 Bujung Sari Marga Imam Asrofi, ME, Minggu ( 18-06-17).

Menurut pria yang menyandang Magister Ekonomi Syariah ini, esensi dari praktek pengelolaan zakat dimaksudkan agar para siswa bisa mengelola zakat fitrah secara nyata. Jika selama didalam kelas mereka hanya mendapatkan teori, maka saat bulan Ramadhan bisa mempraktekkan langsung. Sehingga usai menyelesaikan belajarnya di MIS Amanah 1 mereka sudah siap seratus persen terjun di masyarakat.

Selain itu, kegiatan tersebut untuk membimbing anak anak agar dapat membiasakan membayar zakat fitrah dan perduli kepada kaum duhafa juga memahami tatacara pembayaran zakat fitrah.

“Zakat fitrah ini tujuan utamanya adalah penyucian jiwa. Sehingga, disamping praktek pengelolaan para siswa juga mendapatkan wejangan khusus terkait penyakit hati yang intinya agar manusia tidak memiliki sifat serakah, kikir dan lainnya. Dengan begitu, hakikat zakat fitrah diharapkan betul-betul tertanam dalam jiwa siswa dengan tolak ukur kepribadian yang berjiwa sosial.

Dan ini bisa dikatakan sebagai inti pendidikan karakter dari zakat fitrah, yakni suci dari hal-hal yang mengotori jiwa” katanya. Dari kegiatan ini terkumpul 103 anak dengan jumlah pendapatan 257,5 kilogram beras, dan telah dibagikan kepada empat asnaf (yang layak memerima zakat), keempat asnaf  tersebut adalah fakir, miskin, amil dan sabililah.

Laporan : Basri

One Response

  1. faris eka chandra1 Agustus 2017 at 09:22Reply

    Sip

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Created by : lampung1.com