Pemerintah Ajak Putra Kolonis Jaga Aset Bersejarah Di Kota Metro Bersama-Sama.

Pemerintah Ajak Putra Kolonis Jaga Aset Bersejarah Di Kota Metro Bersama-Sama.

LAMPUNG1.COM, Pemerintah Kota Metro, mengajak semua pihak termasuk putra kolonisasi, untuk bersama-sama menjaga aset-aset bersejarah yang ada di Kota Pendidikan ini.

Hal tersebut disampaikan Walikota Metro, A Pairin, pada Jumat (18/8), menyikapi berkembangnya informasi tentang kekhawatiran adanya upaya Penghancuran Gedung Eks Tata Kota, yang merupakan salah satu gedung bersejarah saksi lahirnya Kota Metro.

Menurutnya, meski belum masuk dalam kategori 52 cagar budaya yang dimiliki Kota Metro, namun gedung tersebut memang memiliki nilai historis, karena Gedung Eks Tata Kota, dulunya merupakan Kantor Onderdistric atau Wedana Metro, dan saat ini pemerintah hanya akan melakukan renovasi, dan akan tetap dikembalikan sebagai Gedung Sejarah.

“Tidak ada penghancuran, gedung tersebut hanya akan direnovasi, bahkan pemerintah akan melibatkan tenaga Arsitek terbaik untuk merancang gedung tersebut, agar keasliannya tetap terjaga, namun juga tampak lebih modern”, tegas Walikota Metro.

Hal tersebut disampaikan Walikota Metro, menanggapi pernyataan Ketua Forum Kolonis Kota Metro, Sudarsono, yang sempat meminta Pemerintah Kota Metro untuk menghentikan upaya penghancuran gedung Eks Tata Kota, yang merupakan gedung sejarah saksi lahirnya Kota Metro.

Dimana menurut Sudarsono, menyatakan sempat kaget dan kecewa, saat mengetahui adanya keputusan Pemerintah untuk membuat Metro Convention Center (MCC), dengan menghancurkan gedung yang juga disebut dengan Eks Kantor Onderdistric atau Wedana Metro.

“Gedung ini sudah difungsikan sejak tahun 1937, dan merupakan monumen sejarah tertua sejak zaman perang kemerdekaan, termasuk penandatanganan pembagian tanah kepada rakyat kolonisasi, juga penentuan HUT Kota Metro tanggal 9 Juni 1937, dilaksanakan di gedung sejarah tersebut, maka Belanda saja tidak berani membumihanguskan gedung tersebut”, jelas Darsono. (Eko Arif / Tyas)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Created by : lampung1.com