Tingkatkan Produksi Udang, Mahasiswa Unila Ciptakan Produk Ramah Lingkungan

Tingkatkan Produksi Udang, Mahasiswa Unila Ciptakan Produk Ramah Lingkungan

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Untuk meningkatkan produksi udang vaname di Provinsi Lampung, mahasiswa Universitas Lampung (Unila) menciptakan inovasi produk ramah lingkungan.

Inovasi hasil kolaborasi antara mahasiswa jurusan budidaya perairan dan mahasiswa pendidikan biologi ini memanfaatkan bakteri Bacillus sp. D2.2 yang dikultur pada media teknis molase (tetes tebu) untuk dapat meningkatkan pertumbuhan udang vaname atau disingkat “PETE BULE”.

Selama ini Bakteri Bacillus sp D2.2. biasanya dikultur pada media SWC (Sea Water Complate), namun ada beberapa kelemahannya seperti tidak ekonomis dan hanya dapat dikultur pada skala laboratorium. Untuk itu mahasiswa Unila berupaya mencari media alternatif lain untuk menggantikan SWC yang lebih ramah lingkungan, lebih ekonomis dan dapat dikultur pada skala semi massal yaitu media teknis molase.

Diketahui, berdasarkan hasil kajian ekonomi dan keuangan regional Provinsi Lampung Triwulan II Tahun 2015, Provinsi Lampung memiliki lahan potensial untuk pembesaran ikan dan pembenihan udang dengan luas mencapai 61.200 ha, salah satunya adalah budidaya udang vaname.

Namun, keberadaan udang vaname saat ini mengalami berbagai permasalahan, seperti terserangnya penyakit dan penurunan kualitas air sehingga menyebabkan pertumbuhan udang terganggu.

Dengan inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa Unila ini, diharapkan produksi udang vaname akan meningkat, biaya produksi dapat lebih sedikit sehingga dapat meningkatkan pendapatan para petambak udang vaname, serta pendapatan daerah.

Penelitiana ini diusung oleh Ayu Novitasari, Ricky Nur Iskandar (Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Perairan) dan Hefi Afizena Elvazia (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi), dibantu Esti Harpeni, S.T., MAppSc selaku dosen pembimbing.

Penelitian dari mahasiswa Unila tersebut berhasil lolos pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2017 ini. (Red)

3 Responses

  1. Dani5 September 2017 at 09:08Reply

    semangat,.. terus berkarya

  2. vindi5 September 2017 at 08:52Reply

    Semangat,tngkatkan karya nya

  3. ojoss12 Agustus 2017 at 16:19Reply

    Hayo generasi muda lpg truslah berkarya

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Created by : lampung1.com