Mahasiswa STIK / PTIK POLRI Dukung Program “Gerakan Malu Menganggur” Bupati Lampung Timur

Mahasiswa STIK / PTIK POLRI Dukung Program “Gerakan Malu Menganggur” Bupati Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Keseriusan Bupati Lampung Timur Chusnunia untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten yang dipimpinnya, ternyata bukan hanya mendapat dukungan dari Dinas / Instansi terkait, atau warga masyarakat, tetapi ternyata dukungan juga datang dari Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) atau Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Republik Indonesia.

Menurut Chusnunia, Program “Gerakan Malu Menganggur” ini sejatinya bertujuan untuk memberikan tambahan keterampilan kepada warga masyarakat, dengan cara menghadirkan pihak-pihak yang berkompeten atau menguasai keterampilan tertentu, yang kemudian membagi ilmu yang dikuasai, kepada mereka yang belum menguasai keterampilan tersebut.

“Kita berharap program ini bukan hanya didukung oleh Pemerintah saja, tetapi semua pihak yang memiliki kemampuan dan keterampilan, bisa ikut berbaagi ilmu kepada masyarakat, sehingga mereka tidak lagi melakukan tindakan yang mengarah kepada hal-hal negatif”, terangnya.

Selain menekan angka pengangguran, beberapa target utama, dari pelaksanaan program “Malu Menganggur” ini, adalah menciptakan masyarakat yang mampu membangun dan meningkatkan taraf perekonomiannya, dengan tetap memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA), serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalnya masing-masing.

Jika warga memiliki kemampuan dan keterampilan untuk mengelola SDA dan SDM yang ada di sekitarnya, kemudian mendapat dukungan dari pemerintah serta pihak terkait, maka angka pengangguran akan dapat ditekan, dan tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat, sehingga secara otomatis akan berdampak pada peningkatan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Saya yakin, banyak para pelaku tindak kriminalitas, melakukan tindak kejahatan karena terpaksa, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, dan itu salah satunya, akibat mereka tidak memiliki pekerjaan atau minim keterampilan, sehingga sulit mendapatkan penghasilan”, terang Chusnunia.

Menyikapi program “Malu Menganggur” ini, Mahasiswa PTIK / STIK Angkatan Ke-72 / Widya Atmani Wedhana, yang berkunjung ke Kabupaten Lampung Timur, sejak Senin hingga Jumat mendatang, siap memberikan dukungan untuk ikut mensukseskan program Bupati Lampung Timur tersebut.

Ketua Tim Mahasiswa PTIK / STIK Angkatan ke-72, Kombes Pol Irfing Jaya, pada Kamis (12/10), menjelaskan bahwa bentuk nyata dukungan yang diberikan adalah dengan turun langsung ke Kecamatan-Kecamatan di Kabupaten Lampung Timur, antara lain Kecamatan Marga Tiga, Labuhan Maringgai, Way Jepara, untuk berbagi Ilmu Keterampilan serta memberikan Pelatihan kepada warga masyarakat, seperti Pelatihan Menyablon (Sablon), Pangkas Rambut, Seni Membatik, Merangkai Bunga, dan Keterampilan Anyaman Lidi.

“Semoga Aksi Berbagi Ilmu dan Pelatihan Keterampilan yang diberikan oleh 11 Mahasiswa PTIK / STIK ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Lampung Timur, sehingga menambah wawasan untuk membuka peluang pekerjaan di daerahnya masing-masing”, terang Kombes Pol Irfing Jaya.

Sementara Ketua DPRD, Ali Johan Arif, sangat mengapresiasi dukungan STIK / PTIK Polri Angkatan Ke-72, yang berkenan ikut mensukseskan Program “Gerakan Malu Menganggur” yang digagas oleh Bupati Lampung Timur ini, sehingga diharapkan target Penekanan Angka Pengangguran, melalui Program Pengoptimalan Keterampilan dan Kreatifitas warga ini, bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, serta ikut Mengurangi Angka Tindak Kejahatan di Kabupaten Lampung Timur.

“Kita harus berikan Apresiasi kepada Bupati Lampung Timur, Chusnunia, karena ternyata terobosan Program Gerakan Malu Menganggur yang digagasnya ini, bisa mencuri perhatian, bahkan membuat keluarga PTIK / STIK Polri di negara ini, ikut serta memberikan dukungannya”, ujar Ali Johan Arif. (Eko Arif)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Created by : lampung1.com