Pasca Banjir BPBD Tanggamus Lakukan Normalisasi Sungai Way Belu

Pasca Banjir BPBD Tanggamus Lakukan Normalisasi Sungai Way Belu

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus melakukan normalisasi Sungai Way Belu yang berada di pendukuhan Banjar Agung Pekon Belu dan Sungai Way Awi pekon Negara Batin. Pasca banjir yang menimpa dua pekon di kecamatan Kotaagung Barat yakni SDN 1 Pekon Belu dan Pedukuhan Sinar Maju Pekon Negarabatin Kabupaten Tanggamus.

Halimi selaku Kasi kedaruratan dan Logisti, mewakili Kabid Kedaruratan dan Logistik Edi Nugroho dan Juga Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Romas Yadi, menurutnya akan ada dua alat berat yang akan di turunkan di tiga titik berbeda, yang telah di rencanakan mulai kemarin Rabu(11/10) bisa beroperasi, Lantaran arus sungai yang cukup deras sehingga membuat proses pengerjaan tertunda. Dan keterlambatan pengerjaan lantaran kesulitan dalam mencari alat berat.

“Alat berat kita dapatkan dari sewa ke pihak swasta di Bandar Lampung, kita kesulitan dalam mencari alat berat karana banyak di pakai utuk pembuatan jalan tol, beruntung saat ini sudah ada satu unit Eksavator yang telah beroprasi di sungai Way Belu dan recananya besok di sungai Way Awi akan di lakukan normalisasi besok dengan satu unit Eksavator yang berbeda,” jelas Halimi saat di konfirmasi melalui telpon selulernya.

Dia juga menjelaskan teknis pengerjaannya sediri tergantung kepada pengajuan proposal yang di lampirkan kepada pihak BPBD, sedangkan untuk lama pengerjaannya sendiri tergantung keadaan cuaca.

“Kita kerja sesuai dengan proposal pengajuan, untuk lama pengerjaan kita belum bisa memprediksi tergantung bagai mana keadaan cuaca di lapangan dan operator yang mengerjakan,” jelas Halimi.

Sementara itu menurut salah seorang Staf Bidang 2 kedaruratan dan logistik BPBD Tanggamus Apriani, yang saat itu tengah melakukan pengawasan normalisasi di sungai Way Belu yang berada di Pedukuhan Banjar Agung Pekon Belu mengatakan, bahwa keadaan sungai Way Belu saat ini sudah tidak layak lagi bila hanya di tambal sulam.

“Seharusnya sudah di beronjong di titik rawan di mana memang arus yang deras, yang namanya sudah normalisasi tidak akan bertahan lama,” kata Apriani

Lebih lanjut iya katakan, keadaan sungai Way Belu memang dalam keadaan yang cukup parah dan harus segera di tindak lanjuti.(Adi)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Created by : lampung1.com