Lampung Timur Gelar Tradisi Tasyakuran Laut

LAMPUNG1.COM, Ratusan warga masyarakat menggelar upacara adat para nelayan, di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, pada Senin (30/4).

Acara Tasyakuran atau Nadran laut yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Syahrudin Putera ini, digelar dengan tujuan mensyukuri hasil tangkapan ikan, dan mengharap peningkatan hasil pada tahun mendatang.

Pihaknya menjelaskan bahwa Kabupaten Lampung Timur memiliki laut yang cukup luas, dengan kadungan potensi yang luar biasa, berupa ikan, terumbu karang, rumput laut, hutan bakau, dan lainnya yang dapat menjadi alternatif bagi sumberdaya di daratan yang sudah semakin terbatas.

“Tasyakuran laut merupakan wujud rasa syukur bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari, atas limpahan karunia dan nikmat dari Allah SWT, atas melimpahnya sumber kekayaan laut yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat”, ujarnya.

Peringatan tasyakuran laut, atau pesta laut yang telah menjadi tradisi ini, digelar bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Desa Muara Gading Mas Ke 36 tahun, dan juga merupakan salah satu rangkaian dari 101 Kalender Event Wisata 2018 Kabupaten Lampung Timur. (Eko Arif)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *