Sabtu , Juli 31 2021
Home / Nasional Mancanegara / Aturan Kantong Plastik Berbayar Untungkan Toko Ritel

Aturan Kantong Plastik Berbayar Untungkan Toko Ritel

LAMPUNG1COM, Bisnis – Pemerintah mulai menjalankan kebijakan kantong plastik berbayar di 17 kota di Tanah Air, hari ini. Saat berbelanja, konsumen diharuskan membayar minimal Rp 200 untuk setiap kantong plastik yang dibutuhkan.

Direktur Eksekutif Institut Pengembangan Ekonomi dan Keuangan (INDEF) Enny Sri Hartati mengatakan kewajiban konsumen membayar kantong plastik bisa menguntungkan industri ritel. Sebab, akan mengurangi biaya operasional toko untuk membeli plastik.

BACA JUGA:  Tariko Warga Negara Ethiopia Juara Satu Pada Lomba Lari 10 K

“Mereka disamping mempersiapkan harga produknya ini kan juga ditambahkan operasional cost bayar pegawai, listrik termasuk plastik. Kalau tidak menggunakan plastik kan pasti biaya tersebut kurang,” jelasnya di Kantornya, Jakarta, Senin (22/2).

Meski begitu, lanjut Enny, penerapan ini masih butuh edukasi lebih lanjut dari berbagai pihak. Sebab, masyarakat saat ini masih terbiasa menggunakan plastik saat berbelanja.

“Ini jangka pendek perlu edukasi,” imbuhnya. [mdk]

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Akomodir Pelaksanaan Umrah 2019 Lion Air Layani Penerbangan Perdana dari Lombok Tujuan Jeddah

Jemaah Umrah tersebut dilepas langsung oleh Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Bayu Windia, General Manager (GM) Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Nugroho Jati, Area Manager Lion Air Group Jakarta, Isnandar, Area Manager Lion Air Group Bali, Nusa Tenggara Barat dan Labuan Bajo, Fajar Teguh Santoso.

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *