Sabtu , Oktober 23 2021
Home / Ruwa Jurai / Mesuji / Pertumbuhan Ekonomi Mesuji Tahun 2015, Lebih Tinggi dari Provinsi Lampung dan Nasional
Ilustrasi ikon Mesuji Sumber : Google

Pertumbuhan Ekonomi Mesuji Tahun 2015, Lebih Tinggi dari Provinsi Lampung dan Nasional

LAMPUNG1COM, Mesuji – Arahan dan sambutan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang di wakili oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. Budi Harto, pada acara Musrenbang Kabupaten Mesuji Tahun 2016 mengungkapkan bahwa, Tahun 2016-2017 adalah tahun penentuan penilaian kinerja dan hasil pembangunan yang dilakukan oleh Khamami selaku Bupati Mesuji.
Beliau berharap, banyak keberhasilan yang dicatat masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan sebagaimana amanat RPJMD Kabupaten Mesuji.
Karena menurutnya, Kehadiran Pemerintah Provinsi Lampung bukan hanya untuk memberikan arahan, tetapi akan mendengar usulan dan harapan masyarakat yang memerlukan dukungan Provinsi Lampung,” jelasnya.
Ia menambahkan, ada beberapa poin kinerja dan hasil pembangunan yang telah diraih oleh Pemerintah Provinsi hingga Tahun 2015, yang mana Kabupaten Mesuji ikut menyumbang dalam keberhasilan tersebut, diantaranya Pertumbuhan Ekonomi. Yang mana perekonomian Lampung Tahun 2015 tumbuh sebesar 5,13%, lebih tinggi dari pertumbuhan Ekonomi Nasional yang hanya 4,79%. Hal ini menunjukan bahwa kesejahteraan masyarakat Lampung lebih cepat dibanding rata-rata pertumbuhan secara Nasional.
Sementara ekonomi Kabupaten Mesuji tumbuh lebih cepat lagi sebesar 5,38%, sedikit lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi Provinsi, berada diposisi 11 dari 15 Kabupaten/Kota,” terangnya.
Selain itu, ialah Penanggulangan Kemiskinan. Provinsi Lampung berhasil mengurangi angka kemiskinan secara signifikan pada saat Provinsi lain justru bertambah angka kemiskinanya, karena perlambatan Ekonomi Nasional, Regional dan Dunia. Angka kemiskinan Lampung turun dari 14,21% menjadi 11,13%. Posisi Lampung naik satu peringkat di Sumatera Selatan.
Laju penurunan kemiskinan ini antara lain disumbang oleh Kabupaten Mesuji sebesar 6,57%,” katanya.
Terkait itu pula, ada beberapa program strategis yang memerlukan dukungan sinergi dengan Kabupaten/Kota serta semua komponen masyarakat Mesuji, salah satunya adalah ‘Pembangunan Kawasan Industri’.
Dia memaparkan, Pemerintah Provinsi Lampung memprioritaskan pembangunan dua kawasan Industri yaitu, dibagian selatan kawasan Industri Way Pisang, dan bagian utara kawasan Industri Mesuji, yang akan disusun Master plan dan Detail Kawasan pada Tahun 2016.
Pembangunan kawasan Industri Mesuji pula akan diitegritaskan dengan pembangunan energi listrik dan Dermaga.
Untuk itu, Apabila memungkinkan, Pemerintah Kabupaten Mesuji dan seluruh lapisan elemen masyarakat dapat membebaskan lahan yang nantinya akan dihitung sebagai penyertaan investasi dalam pembangunan Kawasan Industri tersebut akan dapat terlaksana,” ujarnya. (Zaini Tubara)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Realisasikan DD Tahun 2021, Pemdes Tirtalaga Masih Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur

LAMPUNG1.COM, MESUJI — Tahun 2021, Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji, realisasikan pembangunan infrastruktur dengan menggunakan dana desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *