Jumat , Februari 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / DPRD Pesawaran Gelar Paripurna Istimewa

DPRD Pesawaran Gelar Paripurna Istimewa

LAMPUNG1COM, Pesawaran – Rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka penyampaian rekomendasi DPRD Kabupaten Pesawaran terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun anggaran 2015 digelar di gedung DPRD Kabupaten Pesawaran, senin (18/4).

Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Hi. Dendi Ramadhona, ST mengatakan Pemerintah Daerah akan mengkaji dengan seksama catatan strategis yang telah disampaikan DPRD dalam rekomendasi, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA:  Warga Langsung Merasakan Manfaat TMMD Kodim Kendal

Dendi juga menyampaikan, kinerja Pemerintah Daerah harus ditanggapi dengan arif dan bijaksana, sebab kendala yang dihadapi tidak hanya dari internal namun juga dari eksternal diluar kewenangan Pemerintah Daerah. Meski begitu Pemerintah Daerah tidak berlindung pada kelemahan eksternal tersebut, dan akan bertanggungjawab dan berupaya dengan maksimal untuk memperbaiki kekurangan dalam pihak internal.

PRX_0243

Saat ini Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah melakukan penataan melalui kebijakan reformasi birokrasi, seperti penataan dan penguatan kelembagaan, guna memperkuat akselerasi pada SKPD Kabupaten setempat.

BACA JUGA:  Terapkan Prokes, Tim Wasev Itjenad Silaturahmi Warga Desa Jatiwarno

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2017 tentang LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD Pasal 18, bahwa LKPJ sekurang-kurangnya menjelaskan arah kebijakan umum Pemerintah Daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan. Karena itu, dalam menindaklanjuti rekomendasi dari DPRD, Pemerintah Daerah akan mengupayakan hal-hal yang bersifat kebijakan umum, sebab selain mempertimbangkan rekomendasi DPRD, Pemerintah Daerah juga harus memperhatikan rekomendasi teknis dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

BACA JUGA:  Kapolres Lamsel AKBP Adi Ferdian Saputra Himbau Sopir Truck Tidak Meyuap Polisi Saat Razia.

Pada akhir sambutannya, Dendi mengajak seluruh peserta rapat untuk bersama mengawasi penggunaan anggaran secara benar dan tepat, demi tercapainya optimalisasi pemanfaatan anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Jika terdapat perbedaan pendapat antara pihak eksekutif dan legislatif, agar disikapi dengan bijak untuk mencari solusi terbaik guna kepentingan rakyat. (Red)

About admin

Check Also

Personil TNI & Polri Amankan Distribusi BST Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Personil TNI dan Polri diturunkan untuk melakukan proses pengamanan distribusi Bantuan Sosial Tunai (BST) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *