Minggu , Februari 21 2021
Home / Sosial / Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Ke-44 Tahun 2016

Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Ke-44 Tahun 2016

lampung1.com, Tanggamus – Semarak Drum Band, Tarian Kolosal, Gemerlap Laser mengundang decak kagum Tamu Undangan pada acara pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Lampung di Islamic Center Kabupaten Tanggamus, Kamis (21/4).

Turut hadir Ketua LPTQ Nasional, Pejabat Eselon I, Kementerian Agama RI, Anggota Fokorpimda Provinsi Lampung, Bupati dan Walikota se-Provinsi Lampung, Anggota Fokorpimda Kabupaten Tanggamus, Kepala Badan/Kanwil/Dinas/Biro terkait Provinsi, Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta Para Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat.

Gubernur Lampung dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan program pemerintah yang bersifat Nasional dan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi sampai tingkat Nasional.

“Dan merupakan momentum yang sangat penting juga memiliki nilai strategis dalam upaya menumbuhkembangkan semangat serta minat baca Al-Quran bagi masyarakat Lampung, guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap isi kandungan Al-Quran sehingga menjadi pegangan dan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari sekaligus mempersiapkan generasi Qur’ani yang berkemampuan menerapkan gerakan dakwah islam rahmatan lil alamin” Ujar Gubernur.

BACA JUGA:  Ini Bukti Keakraban Pemuda Pantirejo Dengan Satgas TMMD

IMG_20160422_074124Pemerintah Provinsi Lampung bertekad memberikan kotribusi bagi masyarakat di Provinsi Lampung melalui pembangunan infrastruktur, diantaranya perbaikan peningkatan Terminal Bandara diharapkan mampu meningkatkan kapasitas jumlah penumpang pada penerbangan ke Provinsi Lampung.

Hal ini guna mendukung pengembangan Bandara Raden Intan sebagai embarkasi haji serta dapat memberangkatkan kurang lebih 8.000-10.000 Jama’ah umrah dari Lampung. Juga akan dibangun jalur kereta Api dari Tanjung Karang ke Bandara Raden Intan guna mendukung aktifitas masyarakat serta mengurai kemacetan dan menata roda transportasi lebih baik.

BACA JUGA:  Kecelakaan Lalulintas Motor vs Motor, 3 Nyawa Melayang.

Upaya lain peningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dibidang keagamaan yaitu dengan diberikannya bantuan kepada 2.950 guru ngaji, imam tetap 218 orang, Marbot Masjid Besar Kecamatan 222 orang, penyuluh agama 216 orang penjaga kereta api 68 orang, P3N sebanyak 1.848 orang, dan penghafal Al’qur’an sebanyak 400 orang.

Sedangkan untuk meningkatkan iman dan taqwa, Pemprov Lampung menyelanggarakan ziarah makam sebanyak 2.000 orang, wisata rohani non muslim 14 orang dan umroh 250 orang. Di tahun 2016 ini akan terus ditingkatkan dan direncanakan sebanyak 6.500 calon penerima bantuan yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

IMG_20160422_074154Gubernur mengajak masyarakat Lampung agar melaksanakan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji, yakni membiasakan masyarakat kita untuk mengaji setelah shalat Maghrib yang dimulai dari satuan-satuan kecil seperti keluarga, hingga masyarakat luas.

BACA JUGA:  Satgas TMMD 109 Manfaatkan Drone Untuk Dokumentasi

Gubernur mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tanggamus, selaku tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi tahun ini, atas kerja keras dalam mensukseskan kegiatan ini.

Gubernur berharap agar seluruh peserta MTQ menunjukan kemampuan yang sebaik-baiknya dari segi kemampuan, pengetahuan dan pemahaman terhadap Al-Qur’an, sehingga pada akhir pelaksanaannya nanti kita akan mendapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik.

“Kepada dewan Hakim diminta untuk memberikan penilaian yang objektif dengan mengedepankan kejujuran sehingga dapat menghasilkan pemenang yang benar-benar memiliki pengetahuan dan wawasan yang baik tentang Al’Qur’an” Pungkasnya. (Red)

About admin

Check Also

Pra- TMMD Ke- 110 Kodim 0813 Bojonegoro Dimulai

LAMPUNG1.COM,BOJONEGORO, – Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, kembali akan melaksanakan kegiatan program TNI Manunggal Membangun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *