Sabtu , September 18 2021
Home / Ekonomi / Pemda Komit Majukan Koperasi dan UMKM di Lampung

Pemda Komit Majukan Koperasi dan UMKM di Lampung

LAMPUNG1COM, Bandar Lampung – Pemerintah Daerah berkomitmen memajukan Koperasi di Provinsi Lampung melalui program strategis pemberdayaan Koperasi. Yakni dengan mempermudah layanan pengesahan Badan Hukum Koperasi, meningkatkan pelatihan bagi pengelola Koperasi dan memberi bantuan perkuatan modal bagi Koperasi dan UMKM melalui Badan Layanan Umum Daerah Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (BLUD KUMKM).

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, hal tersebut disampaikan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo, Selasa (5/4) pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) INKOPSYAH, di Hotel Novotel Bandar Lampung. Acara dihadiri pula Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi & UKM RI Braman Setyo, SE., M.Si, Ketua ICMI, Advisor IDB dan Ketua Dewan Pakar MES DR. Sugiarto. MBA, Komisaris Utama PBS dan Ketua Majelis Syuro ABSINDO.DR. Aries Muftie, SE, SH, MH, Dirut Panin Bank Syariah Deny Hendrawaty, Ketua INKOPSYAH BMT KH. Abdullah Yazid dan Kepala Dinas Koprasi & UKM Provinsi Lampung.

BACA JUGA:  Andy Priyadi Keluar Sebagai Juara Di Lomba Catur Wartawan

IMG_20160405_172948

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, Induk Koperasi Syariah BMT (Inkopsyah BMT) merupakan gerakan koperasi sekunder yang didirikan oleh primer koperasi yang kegiatan usahanya berdasarkan pola syariah. Inkopsyah BMT memiliki peranan penting dan strategis dalam meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan syariah Islam.

BACA JUGA:  WALHI Laporkan Aktifitas Ilegal Reklamasi dan Pengerukan Bukit Desa Sidodadi

Saat ini jumlah Koperasi Syariah di Provinsi Lampung sebanyak 193 unit, dengan jumlah Koperasi aktif sebanyak 157 unit dan tidak aktif sebanyak 36 unit.

“Untuk itu Koperasi harus memperkuat konsolidasi internal organisasi dengan meningkatkan partisipasi seluruh anggota serta membangun jaringan antar Koperasi dengan badan usaha lainnya terutama yang berkaitan dengan promosi produk unggulan daerah dan peningkatan akses pasar baik lokal, nasional dan global,” kata Gubernur.

BACA JUGA:  Ibu Riana Sari Arinal Hadirkan Mentor IKAT Indonesia Didiet Maulana untuk Beri Pelatihan kepada Pengrajin UKM di Lampung

IMG_20160405_173022

Gubernur juga meminta kepada pengurus untuk terus optimalkan kinerja organisasi, manajemen dan akses permodalan serta mengolah potensi-potensi lain dibidang usaha yang dapat dikembangkan.

Sementara itu Direktur Utama Panin Bank Syariah (PBS) Deny Hendrawaty menyampaikan, PBS telah bermitra selama 6 tahun. BMT adalah mitra strategis PBS juga telah mensuport pembiayaan hingga saat ini telah mencapai 1,2 Triliun untuk BMT.

“Ditahun 2015 kami telah memperbaiki sistem dengan mengoptimalkan peran Network BMT, melalui jaringan seluruh BMT di Indonesia. Selain itu telah dilakukan pendampingan/ pelatihan-pelatihan IT,” tambahnya. (Rls)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bupati Umar Ahmad,S.P Menghadiri Agenda Rapat Umum Pemegang Saham

LAMPUNG1.COM – Bupati Umar Ahmad, S.P. menghadiri agenda Rapat Umum Pemegang Saham – Luar Biasa …

One comment

  1. semoga berjalan lancar ya pak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *