Rabu , Mei 5 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Ridho Hadiri Seminar Nasional Munas Barat LEMHI BEM FH

Ridho Hadiri Seminar Nasional Munas Barat LEMHI BEM FH

LAMPUNG1COM, Bandar Lampung – Gubernur Lampung, Ridho Ficardo menghadiri Seminar Nasional Munas Barat LEMHI BEM FH Unila di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, sabtu (16/5).

Hadir dalam acara tersebut, Staf ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, Kepala Biro Hukum, serta undangan.
Saat menjadi keynote speaker pada Seminar Munas LEMHI, Ridho menyampaikan diperlukan realisasi pembangunan bersifat Bottom Up yang diinisiasi oleh masyarakat setempat. Hal itu sesuai dengan kebutuhan riil, serta dilaksanakan dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi.

Dalam acara itu, ridho juga menjelaskan Pasal 72 ayat 2 UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, menyebutkan jumlah alokasi anggaran yang langsung ke desa ditetapkan sebesar 10 persen dari dan diluar dana transfer daerah. Yakni dengan mempertimbangkan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, kesulitan geografi. Dengan terbitnya UU tentang desa diharapkan pembangunan desa semakin baik dan mampu mensejahterakan masyarakat desa dengan pemanfaatan dana alokasi secara maksimal. Setiap desa akan mendapatkan 10 % setiap tahunnya. Dapat diperkirakan setiap desa mendapatkan 1,2 – 1,4 Milyar dari APBN Rp. 59, 2 Triliun ditambah dana APBD Rp. 45,4 Triliun dengan Total Rp. 104,6 Triliun yang akan dibagikan kepada 72 ribu Desa seluruh Indonesia.

BACA JUGA:  Kabupaten Pesawaran Adakan Musrenbang

IMG_20160416_145017

Sementara itu, Gubernur BEM FH Arief Triwibowo mengatakan Lembaga Eksekutif Mahasiswa Se-Indonesia (LEMHI) adalah suatu wadah mahasiswa hukum se-Indonesia yang awalnya terbentuk di Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menyambung silaturahmi antara Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM FH) di seluruh Indonesia, guna mengawal dinamika hukum yang terjadi di Republik Indonesia. LEMHI dipimpin oleh tiga Koordinator Nasional yaitu, Koordinator Nasional Barat, Koordinator Nasional Tengah, dan Koordinator Nasional Timur.

BACA JUGA:  Polsek TBS Berhasil Menangkap Pelaku Pengeroyokan

Heriyansyah, Kabag Humas menambahkan peserta Delegasi MUNAS LEMHI Barat tahun 2016 meliputi Universitas Negeri Semarang, Universitas Syiah Kuala Aceh, Universitas Muhammadyah Jakarta, Universitas Airlangga, Universitas Panca Budi Medan, Universitas Samudra Langsa, Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Syarif Kasim Riau, Universitas Lampung, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Sebelas Maret Solo.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan peserta paham program nawacita Indonesia, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. (Agus)

About admin

Check Also

Ketua Tim PKK Pesibar Meminta Sukseskan 10 Program Pokok PKK

LAMPUNG1.COM – Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal memimpin rapat koordinasi bulanan TP-PKK Pesisir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *