Sabtu , Mei 14 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Tengah / 1 Juni 2016, Bayar Pajak Bisa Menggunakan ATM

1 Juni 2016, Bayar Pajak Bisa Menggunakan ATM

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Mulai 1 juni 2016 mendatang, Direktorat Jendral Pajak akan menerapkan Program E-Biling menggunakan ATM dalam setiap setoran pajak dan berlaku untuk seluruh wajib pajak di Indonesia terutama di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Hal tersebut guna meningkatkan kemudahan pelayanan pembayaran pajak, yang selama ini sistem pembayaran pajak dilakukan secara manual menggunakan Surat setoran Pajak (SSP).

Untuk dapat menggunakan Program E-Biling, wajib pajak terlebih dahulu meminta nomor biling kekantor pajak. Selanjutnya, para wajib pajak dapat membayar pajak dimana saja dengan mudah menggunakan mesin ATM ataupun mesin mini ATM (EDC).

BACA JUGA:  Danrem Harapkan Warga Angkat Derajat Kesejahteraan

Saat ini, pihak Direktorat Jendral Pajak baru bekerjasama dengan tiga Bank, yaitu Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI. Kedepan akan diupayakan untuk Bank milik Daerah dan Bank-bank swasta.

Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan Dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) BandarJaya Miryan Mirza mengatakan, Pembayaran pajak selama ini menggunakan SSP, uang setoran pajak tersimpan di Bank, namun dengan program E-Biling uang setoran pajak akan langsung masuk ke Kas Negara.

BACA JUGA:  Semangat Para Petani Jatiwarno Karena Jalan Baru TMMD Reg 109 Karanganyar

“Sebagai contoh, umpananya saya memiliki kartu ATM Mandiri, setoran pajak saya sebesar satu juta rupiah, maka minimal nominal uang di atm saya harus satu juta lebih,” ujar Kepala KP2KP saat diwawancari lampung1.com dikantornya.

Ia menambahkan, tata cara pembayaran pajak menggunakan e-biling, dengan cara memasukkan kartu ATM ke mesin ATM atau EDC, Input Nomor NPWP, selanjutnya input kode Biling, setelah itu akan muncul seluruh data wajib pajak dan terakhir pilih menu pajak apa yang hendak dibayar.

BACA JUGA:  Pemkab Lambar Gelar Bimtek Evaluasi Dokumen Penawaran Pengadaan Barang dan Jasa

“Jika wajib pajak belum memiliki NWP, diharuskan untuk memiliki NPWP terlebih dahulu dan pembuatan NPWP tidak dikenakan biaya satu rupiahpun alias geratis” tambahnya.

Diharapkan kedepannya sudah tidak ada alasan lagi bagi wajib pajak yang merasa kesulitan membayar pajak sehingga tidak ada lagi wajib pajak yang menunggak pembayaran pajak. Sebab, para wajib pajak yang tidak pernah membayar pajaknya selain sangsi denda keterlambatan pembayaran pajak, dapat pula dikenakan sangsi pidana. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bupati Lamsel Pimpin Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Lampung1.com, Lamsel – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 …

3 comments

  1. Bags lh,bisa lebih mudah untk mmbyar pajakk

  2. enak dong ngk repot lagi

  3. wah enak dong .. bayar pajak jadi lebih mudah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.