Rabu , Oktober 20 2021
Home / Kesehatan / Bupati Pesawaran Serahkan Kartu JKN-KIS ke Masyarakat

Bupati Pesawaran Serahkan Kartu JKN-KIS ke Masyarakat

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Sebagaimana Visi Kabupaten Pesawaran yakni ”Bersama Masyarakat Pesawaran Mewujudkan Cita-Cita Luhur, Mewujudkan Kabupaten Pesawaran Yang Maju, Makmur Dan Sejahtera”. Bupati Pesawaran Hi. Dendi Ramadhona menyerahkan kartu JKN-KIS bagi Kepala Desa dan perangkat Desa se-Kabupaten Pesawaran, Selasa (24/5).

“Relevansinya dengan kegiatan kita pada hari ini terderivasi pada Misi kami yang ketiga, yaitu Mewujudkan Masyarakat yang Sehat Jasmani dan Rohani” ujar Bupati dalam sambutan pada acara tersebut.

Bupati menambahkan, Interpretasi Misi ini dimaknai dengan upaya menjamin anggaran bidang Kesehatan sebesar 10% dalam APBD, guna menjamin peningkatan dan pembangunan Puskesmas menjadi Puskesmas Rawat Inap, menjamin seluruh masyarakat mendapatkan BPJS dari Pemerintah, menjamin Insentif Tenaga Kesehatan demi kualitas kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas beragama dengan pembangunan Sarana Prasarana Ibadah dan memberikan pembinaan mental kepada masyarakat dalam bidang keagamaan, serta memberikan insentif bulanan kepada tenaga keagamaan.

BACA JUGA:  Danrem Bersama Dansatgas Tinjau Pengerjaan MCK Umum

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), lanjut Bupati, yang kini telah bertransformasi menjadi JKN-KIS adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI. Eksistensi JKN-KIS sangat penting bagi masyarakat sehingga seluruh penduduk Indonesia wajib terdaftar sebagai peserta. Kewajiban kepesertaan ini dilandasi pada spirit JKN-KIS, yaitu gotong-royong subsidi silang di kalangan masyarakat secara tidak langsung. Bahwa peserta yang sehat bisa membantu perawatan peserta yang sedang sakit.

“Adanya JKN-KIS adalah untuk mewujudkan masyarakat dengan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan medis dan memberikan perlindungan kesehatan agar setiap peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan” kata Dendi.

DSC_3765Dia menjelaskan prinsip asuransi sosial dari JKN-KIS berdasarkan,
– Kegotongroyongan antara masyarakat kaya dan miskin, yang sehat dan sakit, yang tua dan muda, dan yang beresiko tinggi dan rendah
– Anggota yang bersifat wajib dan tidak selektif
– Iuran yang dibayarkan per bulan berdasarkan persentase upah/penghasilan
– Jaminan Kesehatan Nasional Bersifat nirlaba dan Ekuitas.
Adalah kesamaan anggota dalam memperoleh pelayanan sesuai dengan kebutuhan medis yang terikat dengan besaran iuran yang dibayarkan.
Ia menekankan, terlepas dari kekurangan dalam pelayanan JKN-KIS, sebagai sebuah program layanan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, JKN-KIS tetaplah memiliki kelebihan.

BACA JUGA:  900 Meter Jalan Yang di bangun Satgas TMMD membuahkan hasil Perekonomian Warga Tebluru

Dimana kelebihan tersebut belum tentu dimiliki oleh jasa asuransi kesehatan swasta, diantara kelebihan tersebut yakni,
– Murah. Meskipun murah, layanan yang bisa didapat peserta dianggap tidak murahan.
– Wajib. BPJS Kesehatan yang diselenggarakan langsung dari pemerintah atau negara ini memang sebuah program yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia.
– Tanpa Medical Check Up. Bila Anda mendaftar BPJS, umur berapa pun anda boleh mendaftar dan tanpa adanya medical check up, bahkan bayi yang masih dalam kandungan pun bisa didaftarkan.
– Dijamin Seumur Hidup. Hanya BPJS yang berani menanggung proteksi peserta hingga seumur hidup.
– Tidak Ada Pengecualian. Di BPJS Anda bisa mendaftar tanpa ada ditanyakan penyakit yang telah diderita oleh peserta.

BACA JUGA:  Ajak Warga Perangi Covid-19,Satgas Bagi-Bagi Masker Dilokasi TMMD 110 Bojonegoro

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Koordinator Tenaga Ahli, Pejabat Struktural Eselon II dan III, Pimpinan BPJS Pesawaran, serta para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Pesawaran dan para tamu undangan. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Wirahadikusuma Kunjungi PWI Pringsewu

LAMPUNG1.COM, Pringsewu- Wirahadikusuma memastikan dirinya untuk maju menjadi calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung …

6 comments

  1. sebagus apa itu program bapak bupati dan wakil kalau aparaturnya malas susah mau di jalankan,apa lagi muarnya ke uang

  2. jangan utamakan yg ada kedekatan buat para petugas pelayan masyarakat pesawaran

  3. petugas yg bertanggung jawab jangan ada yng di anakmaskan atau yg di anak tirikan

  4. mudah2an pelayan di tempat berobat ngk pilih kasih

  5. program yang menyentuh masyarakat bawah

  6. aman warga pesawaran ngk pusing lagi brobat meski ngk punya uang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *