Jumat , Desember 13 2019
Home / Hukum Kriminal / GAWAT NEH…! TELAT SEHARI AJA PERPANJANG SIM, “HARUS BUAT BARU LAGI”

GAWAT NEH…! TELAT SEHARI AJA PERPANJANG SIM, “HARUS BUAT BARU LAGI”

Warga masyarakat di Propinsi Lampung, harus berhati-hati, dan lebih teliti lagi, memantau masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (SIM), yang sudah di miliki, karena mulai sekarang, jika terlambat memperpanjang, meski cuma telat 1 hari, masyarakat tidak bisa lagi memperpanjang, dan tetap wajib membuat SIM baru.

Kepala Korps Lalu Lintas Mabes POLRI, Irjen (Pol) Agung Budi Maryoto, menyatakan, hal itu sesuai dengan Surat Telegram ST/985/IV/2016, huruf BBB poin 3, bahwa untuk SIM yang telah lewat masa berlakunya, walaupun satu hari, tidak dapat diperpanjang, dan harus membuat SIM baru.

“Kita berharap kepada masyarakat yang mempunyai SIM dapat memantau masa berlakunya, dan segera melakukan perpanjangan sebelum masa kedaluwarsanya habis,” katanya.

Untuk menghindari SIM kadaluwarsa, masyarakat dihimbau sudah dapat mengajukan permohonan perpanjangan SIM, 14 hari atau dua minggu sebelum masa berlakunya habis, sehingga masyarakat yang sudah memiliki SIM, tidak perlu membuat SIM baru lagi.

Karena, selain bisa berfungsi sebagai jati diri atau identitas, SIM merupakan alat bukti bahwa pemegang SIM, memiliki kemampuan, keterampilan sesuai dengan jenis SIM itu sendiri.

“Masyarakat harus memperhatikan masa berlaku SIM-nya, karena bila terjadi kecelakaan lalu lintas, penyidik dapat memprasangkakan pengemudi, karena SIM yang kadaluarsa,” ujarnya.

Sementara, pihaknya berjanji tidak akan mempersulit proses perpanjangan SIM, bahkan saat ini perpanjangan SIM sudah bisa dilakukan secara online, di seluruh Indonesia, sehingga pemegang SIM tidak perlu pulang ke alamat asal, untuk memperpanjang masa berlaku SIM-nya.

“Mabes Polri telah membuat terobosan, dengan menyiapkan fasiltas sistem SIM online, sehingga masyarakat lebih mudah, dan cepat, untuk memperpanjang SIM, dimana saja”, tambahnya. (Eko Arif)

6,585 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Warga Tanggamus Keluhkan Jalan Kabupaten Yang Tak Kunjung Diperbaiki

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Jalan Kabupaten yang menghubungkan beberapa Pekon di kecamatan Pulau Panggung mengalami longsor …

14 comments

  1. tu cepet cepet perpanjang sim nya

  2. Gawat ni ,masa kaya gtu

  3. waduh awas lupa di perpanang

  4. jangan lupa buat warga perpanjang simnya,biar lancar di jalan

  5. terima ksih lampung1.com dah ngingetin masyarakat atas himbawan polri

  6. jangan lupa ngecek masa berlaku simnya kalau ngak mau ribet

  7. waduh bisa2 hangus ni sim kalau lupa perpanjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!