Minggu , Mei 9 2021
Home / Nasional / Hari ke-2 Kunker, Wagub Kunjungi Maros Sulawesi Selatan

Hari ke-2 Kunker, Wagub Kunjungi Maros Sulawesi Selatan

LAMPUNG1.COM, Sulawesi Selatan – Pemerintah Provinsi Lampung akan mengadopsi berbagai program pembangunan di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Terkait pengembangan berbagai komoditas unggulan, seperti peternakan sapi, padi, kelapa dan coklat. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan hari kedua Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dan rombongan di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, Selasa (24/5).

Karo Humas dan Protokol Bayana, menjelaskan Kabupaten Maros dipilih karena memiliki berbagai keunggulan dan mampu mengoptimalkan potensi Hutan Taman Nasional. Dalam pertemuan tersebut, dengan didampingi Kadis Kehutanan Sutono, Wagub menyampaikan, Provinsi Lampung juga memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Khususnya terkait pengelolaan dan pemanfaatan hutan Taman Nasional.

BACA JUGA:  Pemerintah Pekon Kampung Jawa Siapkan Beasiswa Untuk Warga Kurang Mampu

IMG_20160524_113102“Diketahui, Taman Nasional yang berada di Lampung adalah Taman Nasional Waykambas (TNWK), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan Anak Gunung Krakatau. Untuk dapat memanfaatkannnya secara optimal, perlu dikaji Payung Hukum. Yakni terkait wewenang pengelolaan, pembagian pendapatan dan lain-lain” ujar Wakil Gubernur.

Menanggapinya, Wakil Bupati Maros Harmil Mattorang menyampaikan, Kabupaten Maros adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Sulawesi Selatan. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Maros. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.619,12 km, dengan komoditas unggulan yaitu sapi, padi, kelapa dan coklat.

BACA JUGA:  Mitra Bentala Tolak Rencana Revisi Perda RZWP3K Oleh DPRD

Usai beramah-tamah dengan jajaran Pemkab Maros, Wakil Gubernur beserta rombongan menyusuri Sungai Rammang-rammang, di desa Salenrang Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Gugusan pengunungan kapur ini jaraknya sekitar 40 km di sebelah utara Kota Makassar.

Dalam perjalanan menyusuri Sungai Rammang-Rammang tersebut Wakil Gubernur mengatakan, Lampung memiliki Sungai yang sangat potensial untuk dikembangkan. Baik untuk perikanan, transportasi, pertanian, maupun Wisata Sungai. Salah satunya pengembangan daerah aliran Sungai Way Seputih, yang dioptimalkan fungsinya untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  Pemda & DPRD Lampung Timur Didemo Warga

IMG_20160524_113154“Untuk itu Dinas Pengairan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan hendaknya untuk mengambil bagian dalam mempercepat pembangunan dengan mencontoh Maros,”ujar Wakil Gubernur.

Selanjutnya rombongan mengunjungi Taman Nasional Batu Murung guna mengkaji pengelolaan, pemeliharaan serta pemanfaatannya oleh Pemkab Maros guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah, dalam Kunker tersebut Wakil Gubernur didampingi Asisten Bidang Ekbang Adeham, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto, Staf Ahli Gubernur Bid. Ekonomi dan Keuangan Budiharto dan para Kepala Satker terkait lainnya, serta Perwakilan PELINDO. (Red)

About admin

Check Also

Terkait Kasus Covid19 Lampura Masuk Skala Nasional

LAMPUNG1.COM,KOTABUMI – Bupati Lampung Utara (Lampura) Hi. Budi Utomo, S.E., M.M., menghadiri apel Operasi Ketupat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *