Kamis , Mei 6 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Lampung Gandeng UNPAD Guna Pemetaan Potensi Ikan dan Laut

Lampung Gandeng UNPAD Guna Pemetaan Potensi Ikan dan Laut

LAMPUNG1COM, Bandar Lampung – Guna mengoptimalkan sumber daya kelautan dan perikanan, Provinsi Lampung akan gandeng Universitas Padjajaran (UNPAD) untuk memetakan potensi ikan dan kelautan.

Hal itu di sampaikan Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo saat mengunjungi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNPAD di Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor, Jawa Barat, Senin (2/5).

Karo Humas dan Protokol, Bayana menjelaskan berdasarkan Sumber Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Lampung Triwulan II Tahun 2015 yang dirilis Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung, Lampung memiliki potensi budidaya perikanan laut yang besar, dengan luas lahan mencapai lebih dari 10.600 hektare (ha). Lampung juga memiliki

BACA JUGA:  Tim Penilai Lomba Binter TA. 2019 Kunjungi Kodim 0410/KBL

Lahan potensial untuk budidaya air payau, baik untuk pembesaran maupun pembenihan ikan/udang dengan luas mencapai 61.200 hektare. Potensi tersebut menyebar di pantai timur Lampung yang membentang dari utara sampai selatan seluas 52.500 ha, Teluk Lampung 700 ha, Teluk Semangka 2.000 ha dan pantai barat seluas 5.000 ha.

IMG_3246

Provinsi Lampung memiliki 520 Kelompok Usaha Bersama (KUB) perikanan tangkap, dan 144 unit kelompok pembudidaya ikan dengan total anggota sebanyak 1.728 orang pada 2014. Jumlah ini terus bertambah jika dibandingkan tahun 2013 yang berjumlah 40 kelompok dengan anggota 573 orang. Jumlah kelompok terbesar berada di Kabupaten Tanggamus dengan jumlah kelompok 23 unit, dengan total anggota 276 orang, disusul Pesisir Barat dengan 21 kelompok beranggotakan 252 orang.

BACA JUGA:  Pemkab Tulang Bawang Barat Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019

Heriansyah, Kabag Humas Provinsi Lampung menambahkan, Gubernur Lampung M. Rido Ficardo yang juga alumni FPIK UNPAD mengatakan dengan besarnya wilayah perairan dan kelautan, serta ragam sumber daya perikanan, udang , kepiting , serta biota laut lainnya harus di petakan dengan jelas, sehingga lebih optimal pemanfaatan potensi perikanan kelautan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Lampung, dan untuk kesejahteraan nelayan Lampung.

Selain berdiskusi dengan Rektor, dan Dosen FPIK UNPAD, Ridho menyempatkan diri berbaur dengan mahasiswa, dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa. Ia berpesan agar mahasiswa dapat aktif berorganisasi dan bergaul dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain, karna sukses tidak hanya ditentukan oleh kemampuan akademik, melainkan kemampuan membangun komunikasi jaringan juga akan membawa kesuksesan. (Red)

About admin

Check Also

Gubernur Arinal Bentuk Tim Monitoring Pantau Pelaksanaan PPKM, Bagikan Masker ke Gugus Tugas Kabupaten Tulang Bawang

LAMPUNG1.COM,TULANGBAWANG —– Demi menekan penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membentuk Tim …

One comment

  1. Ayo terus berbenah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *