Sabtu , Juli 31 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / MENDAGRI : “PROSES KTP DI LAMPUNG HARUS EKSTRA CEPAT”.

MENDAGRI : “PROSES KTP DI LAMPUNG HARUS EKSTRA CEPAT”.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dengan tegas meminta semua kepala daerah, baik Gubernur, Walikota dan Bupati di Lampung, untuk tidak menghambat apalagi sampai terjadi pungli dalam proses penerbitan e-KTP bagi warga masyarakatnya.

Bahkan untuk mempercepat pelayanan penerbitan e-KTP, sebaiknya seluruh kepala daerah, mengoptimalkan kinerja Satuan kerja terkaitnya, untuk memberikan fasilitas “Jemput Bola”, di tempat-tempat Strategis.

Serta membuka loket khusus pelayanan pemohon e-KTP, dan bagi penduduk yang pada tanggal 1 Mei 2016 sudah berusia lebih dari 17 tahun, atau sudah menikah, dan tidak sedang menetap di luar negeri, pemerintah akan memberikan batas waktu perekaman paling lambat hingga 30 September 2016 mendatang.

BACA JUGA:  Manfaat TMMD Mulai Dirasakan Warga Tebluru

Sementara, mekanisme penarikan e-KTP yang pindah, dilakukan di daerah tujuan, setelah diterbitkan e-KTP yang baru.

Tjahjo juga mengimbau, agar secara bertahap, semua unit layanan masyarakat, mulai menggunakan alat baca e-KTP, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Perintah tersebut tercantum dalam Surat Menteri Dalam Negeri, Nomor 471/1768/SJ, tanggal 12 Mei 2016, yang ditujukan kepada para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota di seluruh Indonesia, termasuk ke Propinsi Lampung.

BACA JUGA:  Satuan Tugas TMMD Bojonegoro Bicang Santai Dengan Warga Setempat

Sementara berdasarkan Evaluasi dan Laporan yang di terima Kantor Kementerian Dalam Negeri, Cakupan perekaman e-KTP dan Akta Kelahiran, hingga saat ini baru mencapai 61,6 persen, Maka pihaknya meminta adanya penyederhanaan prosedur dalam pelayanan perekaman, penerbitan, dan penggantian e-KTP yang rusak.

“Untuk Perekaman e-KTP, Cukup dengan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga, gak perlu Surat Pengantar dari RT, RW dan Kelurahan atau Kecamatan,” kata Tjahjo. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Baru 230 KK, Dikabar Lanal Lampung Bakal Vaksin Warga Pahawang

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN- Setelah dilaksanakan vaksinasi tahap pertama (1) oleh Polda Lampung bersama Polres Pesawaran di …

10 comments

  1. Harusnya begitu…japra

  2. iyaa lah harus perlu itu

  3. bener banget nih ! jangan buat ktp aja satu bulan baru jadi

  4. iyaa, jadi gak bikin males warga masyarakat untuk bikin KTP kalo prosesnya cepet

  5. sejak awal-awal pembuatan e ktp ngantrinya berhari hari gak jadi pula. capek deh..

  6. Hrsnya begitu capil ,jgn nunggu d ktr krn masyarakat d perkampungan,selain ngk punya ongkos juga ngk paham ke kantor capil kab/kota,bshkan banyak yg kena calok mlh ia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *