Jumat , Februari 26 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Promosi Budaya Daerah, Disparbud Gelar Lomba Lagu Lampung

Promosi Budaya Daerah, Disparbud Gelar Lomba Lagu Lampung

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Dinas Pariwisata Lampung Selatan (Lamsel) mengelar lomba lagu daerah Lampung dipanggung kesenian, lokasi wisata kuliner, dermaga bom Kalianda guna membudayakan kesenian Daerah, Selasa-Rabu (10-11/5).

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Lamsel Fauziah Arif mengatakan, lomba tarik suara tersebut selain untuk menggali minat dan bakat peserta juga sebagai ajang promosi lagu-lagu daerah Lampung yang selama ini masih sedikit penggemarnya. Khususnya bagi para generasi muda di Kabupaten “Serambi Sumatera” ini. Diikuti sebanyak 40 peserta perwakilan dari 17 Kecamatan se-Lampung Selatan.

BACA JUGA:  Kemendagri dan Kemenkes RI Kunjungi Pringsewu

Ia menambahkan, lomba menyanyi lagu daerah Lampung tingkat Kabupaten Lampung Selatan ini selain untuk memeriahkan Festival Rajabasa 2016, juga sebagai upaya pencarian bakat generasi muda Lamsel, khususnya di bidang seni tarik suara, yang nantinya dapat dijadikan sebagai duta seni budaya di kabupaten Lamsel.

“Kalau melihat dari jumlah peserta, ternyata Lamsel kaya akan seniman muda berpotensi dan berbakat, khususnya dibidang seni olah vocal” ujar Fauziah Arif, saat ditemui di ruang kerjanya.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Berikan Beberapa Bantuan ke Masyarakat

Even Festival Rajabasa tambahnya, merupakan salah satu program unggulan dinas yang membidangi masalah kepariwisataan, seni dan budaya setiap tahun.

“Semoga nantinya dengan kegiatan ini para peserta bisa tambah bersemangat untuk mengikuti ajang yang lebih tinggi” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Disparsebud Lamsel Ike Sumartati menjelaskan, pada ajang lomba lagu daerah Lampung kali ini para peserta membawakan dua buah lagu yakni satu lagu wajib berjudul “Lampung Selatan” Ciptaan: Drs. Munatsir Amin dan M. Nasir dan satu lagu pilihan dengan judul “Kumbang Hati, Sai Lagi, dan Punyandangan”.

BACA JUGA:  Bentuk Kemanunggalan TNI, Satgas TMMD Bantu Emak-Emak Belanja Sayuran

“Sistem penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri meliputi kualitas dan teknik vocal, penghafalan lirik lagu, penampilan/busana yang bernuansakan daerah Lampung. Hasil dari lomba tersebut ini akan diambil Juara 1, 2 dan 3 putra-putri dan juara harapan 1, 2 dan 3 putra-putri” katanya. (Pranata)

About admin

Check Also

Dawam-Azwar Akan Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Bupati Lampung Timur Hi Dawam Rahardjo, dan Wakil Bupati Hi Azwar Hadi, berkomitmen untuk …

One comment

  1. Nah ini br memiliki lampumg,jgn hanya mau menfaatkan kekayaan alamnya saja,budayanya juga perlu d lestarikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *