Selasa , Februari 23 2021
Home / Ekonomi / Seminar Penguatan Perbankan Dalam Implementasi Program APU-PPT

Seminar Penguatan Perbankan Dalam Implementasi Program APU-PPT

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Bertempat di audiotorium kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, dilaksanakan Seminar Penguatan Peran Perbankan Dalam Implementasi Program APU-PPT, hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Lampung Hi. Bachtiar Basri, Kepala PPATK Muhammad Yusuf, Ketua BMPD, Kepala Badan Kesbangpol, Kasat POL-PP serta sejumlah pimpinan BANK se-Provinsi Lampung, Senin (16/5).

“Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini” kata Wakil Gubernur dalam sambutanya.

Bachtiar juga mengatakan,sebagai upaya menguatkan koordinasi dan sinergitas diantara pemangku kepentingan guna meningkatkan peran serta secara optimal dalam mencegah dan memberantas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Pendanaan Terorisme. Sebagaimana diketahui, TPPU dan Pendanaan Terorisme merupakan salah satu kata yang cukup populer di masyarakat dan telah menjadi tema pembicaraan sehari- hari. Jika dilihat dalam kenyataannya keduanya telah menggerogoti sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:  Dari Perbaiki Jalan Hingga Minum Kopi, Cara Ridho Serap Aspirasi Warga

1463374021152“TPPU tidak hanya mengancam stabilitas dan integritas sistem perekonomian dan keuangan, tetapi juga dapat membahayakan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI 1945” Ujar Wagub.

Wagub menambahkan, guna mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan upaya pencegahan dan pemberantasan TPPU dengan landasan hukum yang kuat untuk menjamin kepastian hukum, efektivitas penegakan hukum serta penelusuran dan pengembalian Harta Kekayaan hasil tindak pidana. Lembaga keuangan/perbankan memiliki peranan penting khususnya dalam menerapkan prinsip mengenali Pengguna Jasa dan melaporkan transaksi tertentu kepada otoritas sebagai bahan analisis dan untuk selanjutnya disampaikan kepada pihak yang berwenang.

“Pemprov Lampung sepenuhnya mendukung berbagai upaya dan kinerja yang dilakukan lembaga perbankan dalam mencegah serta mengatasi permasalahan TPPU di Provinsi Lampung. Kerjasama dan komitmen semua pihak sangat diperlukan, sehingga Tindak Pidana tersebut dapat diatasi dengan baik” tambahnya.

BACA JUGA:  6 Personil Kepolisian Ikuti Wisuda Purna Bhakti Di Mapolres Lampung Timur

Wakil Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada Badan Musyawarah Perbankan Daerah Provinsi Lampung yang telah menyelenggarakan seminar itu, semoga kegiatan seminar tersebut dapat memberikan manfaat dan pemahaman bagi kita semua, untuk bersama-sama mewujudkan Provinsi Lampung yang bebas TPPU dan Pendanaan Terorisme.

Seminar itu menghadirkan Narasumber yaitu Ketua PPATK Dr. Muhammad Yusuf, dalam ringkasan materi adanya PPATK sebagai Fusion Center dan Kontribusinya Untuk Indonesia.

1463373999022Menyampaikan laporan hasil analisis dan pemeriksaan berkaitan dengan indikasi TPPU kepada aparat penegak hokum untuk ditindaklanjuti. Membantu dan mensupport para aparat penegak hokum dalam mengungkapkan kejahatan sekaligus merampas aset-aset hasil kejahatan tersebut. Menjadi leading unti dikeluarkannya Indonesia dari black list sebagai Negara yang rawan pencucian uang dan pendanaan terorisme oleh FATF. Memberikan bahan pertimbangan kepada Presiden dalam pemilihan anggota kabinet lembaga yang dipercaaya memberikan informasi dalam penentuan pejabat tinggi pemerintah dan direksi BUMN. Berkontribusi dalam pengamanan penerimaan Negara disektor pajak dan bea cukai.

BACA JUGA:  Warung dan Penjual Keliling Berlomba-lomba Dapatkan Berkah Kegiatan Pra TMMD 106 Kodim Cilacap

Sebagaimana tercantum dalam pasal 41 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (PPTPPU) menjelaskan bahwa PPTPPU memiliki wewenang untuk memperoleh akses terhadap data dan informasi dari instansi pemerintah dan atau lembaga swasta yang berwenang terhadap data, informasi dan pengelolaannya. (Red)

About admin

Check Also

DPRD Lampura Gelar Paripurna Pembentukan Perda Tahun 2021

LAMPUNG1.COM, Lampung Utara – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Utara gelar rapat paripurna …

4 comments

  1. tembak mati koruptor

  2. sangat perlu koordinasi perbankan yang ada di lampung agar prekonomian lampung stabil

  3. smg prekonomian lampung tumbuh dan berkembang demi rakyat lampung

  4. cegah dan tangkal korupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *