Sabtu , September 18 2021
Home / Nasional / Zainudin Hadiri MOU Bersama Badan Informasi Geospasial (BIG)

Zainudin Hadiri MOU Bersama Badan Informasi Geospasial (BIG)

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Zainudin Hasan menghadiri acara penandatangan MOU atau Nota Kesepakatan Bersama (NKB) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan berbagai Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Perguruan Tinggi di Aula kantor BIG Cibinong Bogor, Jumat(13/5).

Dalam sambutannya, Bupati Lamsel sangat menyambut baik dilaksanakannya MOU tentang pembuatan Peta Batas Desa antara BIG dengan Pemerintah Daerah.

Menurutnya, data informasi geospasial sangat berguna sebagai sistem pendukung pengambilan kebijakan, baik dalam pengelolaan sumber daya alam, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan lokasi investasi dan bisnis perekonomian, penentuan garis batas wilayah, pertanahan dan kepariwisataan.

BACA JUGA:  Peran Serta Tim Kesehatan Dalam Kegiatan TMMD Kodim 0818

“Kami sangat menyambut baik pelaksanaan MOU ini. Dengan banyaknya desa yang ada di wiayah Kabupaten Lamsel, informasi geospasial sangatlah penting untuk pemetaan batas desa di Lamsel” ujar Zainudin saat sambutan.

Dirinya mengharapkan kedepan Pemerintah Pusat dapat memfasilitasi secara utuh terhadap anggaran pembuatan peta batas desa tersebut.

“Karena ini juga menyangkut kepentingan Nasional, selain itu Pemkab juga terkendala dengan keterbatasan anggaran di daerah” ungkapnya.

BACA JUGA:  Peresmian Lampung Elephant Park Berlangsung Meriah

Sementara, Kepala BIG Priyadi Kardono dalam sambutannya menyampaikan, Informasi Geospasial (IG) atau peta sangat diperlukan dalam menunjang perencanaan pembangunan.

Dikatakannya, Presiden meminta agar semua perencanaan pembangunan harus dituangkan pada peta. Demikian pula pada RPJMN, semua harus disertai dengan IG.

“Itulah mengapa IG sangat penting dan dibutuhkan oleh semua kalangan. Berkaitan dengan itu, Pemerintah Daerah dan akademisi bekerjasama dengan BIG dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan IG untuk menunjang pembangunan” katanya.

BACA JUGA:  Yayasan Al- Hikmah Suoh Butuh Uluran Tangan Pemerintah

Zainudin Hadiri MOU Bersama Badan Informasi Geospasial (BIG) 2Selain Lamsel, instansi yang menandatangani NKB diantaranya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Untuk instansi Pemda yang ikut menandatangani NKB yakni, Pemprov Gorontalo, Papua, Lampung. Sedangkan pada Universitas yakni Syiah Kuala Aceh (Unsyiah), Universitas Lampung (Unila) dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar serta Pemerintah Kabupaten Lebong.

Sedangkan instansi yang menandatangani PKS adalah Pemerintah Provinsi Gorontalo, Papua, Lampung, Aceh Besar, Lebong dan Badan Arsip serta Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. (Pranata)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Pringsewu Sahkan Enam Ranperda

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Enam Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *