Jumat , Mei 13 2022
Home / Ekonomi / Bupati Lampung Timur : “Manfaatkan TPA Jadi Sumber Bio Gas”

Bupati Lampung Timur : “Manfaatkan TPA Jadi Sumber Bio Gas”

LAMPUNG1.COM, Bupati Lampung Timur, meminta pihak terkait, dapat jeli dalam mengelola tempat pembuangan ahir (TPA) sampah, sebagai sarana pengolahan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti Bio Gas.

TPA yang dinilai layak di kelola sebagai sumber energi Bio Gas ini, merupakan bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada tahun 2015 lalu, yang berlokasi di Desa Muara Jaya, Kecamatan Sukadana, seluas 1,2 hektar, berikut 1 unit alat berat Eksavator, dengan total nilai anggaran mencapai 5,9 milyar rupiah.

BACA JUGA:  Samsul Hadi - Nuzul Irsan Deklarasikan Maju Dalam Pilkada Tanggamus

Keinginan Bupati Lampung Timur, Chusnunia ini, disampaikannya, saat meninjau langsung kelokasi TPA di Desa Muara Jaya, Sukadana, sebelum memutuskan menerima bantuan tersebut, dari pemerintah pusat.

“Keberadaan TPA yang mampu mengelola sampah masyarakat di 10 pasar daerah ini, harusnya bisa dimanfaatkan lebih optimal, untuk menghasilkan sumber energi alternatif, seperti bio gas”, jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Kebersihan, Jarot Bambang Gunawan mengatakan selain TPA di Desa Muara Jaya ini, Kabupaten Lampung Timur juga menerima bantuan pengelolaan sampah dari Pemerintah Pusat yang berada di Desa Rama Endra, Kecamatan Raman Utara.

BACA JUGA:  Bawa Sajam Warga Pekon Margakaya di Tangkap Polisi

Namun yang perlu di perhatikan saat ini adalah masih minimnya sarana kendaraan operasional Truk pengangkut sampah yang dimiliki Kabupaten Lampung Timur.

“Dalam waktu segera, kita harus mengusulkan penambahan armada truk sampah, karena saat ini kita hanya punya 8 unit, dan harus melayani 10 pasar daerah”, tegas Jarot. (Riz)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Ditjen Bina Keuda Kemendagri Pacu Pegawai Tingkatkan Kualitas Diri dan Kinerja Pelayanan

LAMPUNG1.COM, Jakarta- Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.