Sabtu , September 25 2021
Home / Ekonomi / Cincau Hijau Jadi Berkah Ramadhan untuk Produsen

Cincau Hijau Jadi Berkah Ramadhan untuk Produsen

Cincau Hijau Jadi Berkah Ramadhan untuk Produsen

Cincau Hijau Jadi Berkah Ramadhan untuk Produsen

Dikirim oleh Redaksi pada 11 Juni 2016

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Bulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi pembuat takjil di Lampung Tengah, karena permintaan seperti cincau dan minuman pembuka lainnya menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Tentunya moment ini menjadi peluang besar bagi pembuat takjil rumahan dan memberikan peluang kerja bagi warga dalam mengais rezeki.

BACA JUGA:  Tetesan Keringat, Wujud Bakti TNI Pada Masyarakat dan Negara

Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang penuh berkah, tidak hanya bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, akan tetapi berkah pula bagi para pengusaha takjil rumahan, Salah satunya ibu Sumarni Warga Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lamteng.

Setiap malam wanita paruh baya ini, mulai melakukan rutinitasnya dengan mengambil daun janggelan atau sering disebut daun cincau sebagai bahan baku pembuatan cincau hijau.

Dengan proses yang tidak terlalu sulit, cukup dengan memilah daun janggelan yang cukup segar lalu diperas dan disaring. Akan tetapi ibu Sumarni memiliki ramuan khusus tersendiri supaya daun yang sudah dicairkan tadi membeku dalam waktu yang cukup singkat.

BACA JUGA:  Prasasti TMMD Masuk Pada Tahap Akhir Pembangunan

kemudian daun tersebut sudah menjadi beku seperti agar-agar yang terbungkus dalam kemasan kemasan berbungkus pelastik putih. Selain memproduksi jenis cincau, menu minuman pembuka puasa lainnya seperti mutiara dan rumput laut juga diproduksi ditempat ini.

Dengan permintaan pasar selama Ramadhan yang meningkat drastis dari pada hari-hari biasa, warga sekitar pun dilibatkan untuk membantu dalam proses peroduksi takjil ini, karena dengan melibatkan para tetangga terutama kaum pria maka pekerjaan pun semakin mudah dan cepat sehingga target pasar pun tercapai. Rutinitas seperti ini telah berlangsung lama sejak 15 tahun silam hingga saat ini setiap datangnya bulan Ramadhan. (Tim/L1)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Pemko Batam Gelar Upacara Memperingati Hari Jadi Ke-19 Provinsi Kepri

LAMPUNG1.COM,Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-19 provinsi …

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *