Jumat , Desember 6 2019
Home / Agama / Hikmah Ramadhan Meskipun di Balik Jeruji Besi

Hikmah Ramadhan Meskipun di Balik Jeruji Besi

Hikmah Ramadhan Meskipun di Balik Jeruji BesiHikmah Ramadhan Meskipun di Balik Jeruji Besi

Dikirim oleh Redaksi pada 13 Juni 2016

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia, dimana umat muslim melaksanakan ibadah puasa serta kegiatan-kegiatan ibadah lain, seperti sholat tarawih maupun tadarus. Hal yang sama dilakukan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, yang sedang menjalani hukuman dibalik jeruji besi.

Mendengar kata Lapas identik dengan tindak kriminal, namun tidak demikian dengan warga binaan di Lapas ini. Para Nara Pidana (Napi) tampak khusyuk beribadah di bulan suci 1437 Hijriah ini.
Selain Tarawih berjama’ah bersama petugas Lapas, para Napi juga menerima siraman rohani dari ulama yang di datangkan oleh pihak Lapas. Namun, mengingat terbatasnya petugas keamanan dalam pelaksanaan ibadah bersama tersebut, petugas menggunakan sistem pengamanan antri perblok tahanan secara bergantian setiap harinya.
Kegiatan rutin ini bertujuan membina aklhak para warga binaan dan di harapkan setelah menjalani masa tahanan, para pelanggar hukum itu memiliki pribadi yang lebih baik dalam bermasyarakat.
Drs. Dawa’i, Kepala Lapas mengatakan, para napi yang mengikuti kegiatan ini terbatas, yaitu sekitar 100 warga binaan setiap malamnya. Minimnya petugas keamanan lapas, mengharuskan pihaknya untuk memberlakukan sistem bergilir untuk para napi yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Dia berharap agar kondisi ini dapat di perhatikan oleh pihak terkait.

Ali Mustofa, salah satu napi yang harus menjalani hukuman selama 7 tahun lima bulan menuturkan, ditengah rasa rindunya dengan keluarga, banyak hal positif yang dapat dengan di adakanya kegiatan ini.
Contohnya bagi para warga binaan yang sebelumnya kurang memahami tentang agama, dengan mengikuti tadarus rutin, mulai bisa memahami agama Islam, walaupun hanya mampu membaca huruf hija’iyah. (Tim/L1)

7,015 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Kapolsek Bumi Agung Terima “Kado” Senpi Rakitan

LAMPUNG1.COM, Kepala Desa Donomulyo, Mulyani, menyerahkan Senjata Api (Senpi) Rakitan berikut 2 butir peluru, ke …

3 comments

  1. smoga narapidana bisa lebih baik lagi dan tidak mengulangi perbuatannya lagi amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!