Selasa , Mei 18 2021
Home / Hukum Kriminal / Izin Tambak Tak Sesuai, Bupati Segera Layangkan Sangsi Tegas

Izin Tambak Tak Sesuai, Bupati Segera Layangkan Sangsi Tegas

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Bupati Lamsel berencana untuk mengecek langsung keberadaan PT. Tambak Sumur Makmur (PT TSJ) milik Acay yang diduga dokumen perizinannya tidak sesuai.

Diketahui, Acay merupakan pemilik beberapa tambak udang yang berada di wilayah Lampung Selatan (Lamsel). Keberadaan beberapa tambak miliknya (Acay) sebagian besar lokasinya sangat tertutup, sehingga sulit diketahui pihak lain. Selain itu penjagaan oleh aparat keamanan di tiap-tiap tambak sangat ketat, ditambah lagi benteng tembok yang tinggi yang dibangun mengitari tambak.

Dilihat dari Arealnya yang sangat luas, besar kemungkinan tambak-tambak milik Acay pengurusan Izinnya tidak sesui. Selain itu keberadaan tambak acay ini juga banyak merugikan petani rumput laut, karena limbah tambak yang dibuang kelaut, contohnya tambak yang berada di Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang.

Zainudin Hasan berjanji akan segera menindak lanjuti keberadaan Tambak tersebut, jika benar dukumen perizinannya tidak sesuai, Pemkab akan memberikan sangsi tegas kepada pemilik tambak.

BACA JUGA:  Serda Mar. Dudi Junaidi Sabet Dua Medali Emas Dalam Ajang Lomba Atletik

“Jika luas tambak dengan dokumen perizinanya tidak sesuai. Maka, pemilik tambak akan diberikan sanksi tegas. Apalagi akibat limbah tambak udang tersebut dibuang kelaut. Maka ini sangat merugikan petani rumput laut” tegas Zainudin, ketika ditemui di pelataran Masjid Kubah Intan, Kalianda, Selasa (7/6).

Bupati mengatakan, pihaknya segera membentuk tim yang untuk turun kelapangan dan mengecek langsung ke tambak udang milik Acay yang berada di Desa Rugu Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, dan yang berada di Pantai ketang Kecamatan Kalianda.

“Jika perlu, Rabu (8/6), kita akan turun untuk mengecek langsung ketambak udang milik Acay itu” katanya.

Dilain pihak, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamsel Erlan Murdiantono, siap menindaklanjuti intruksi Bupati, dia mengatakan bila keadaan tambak memang tidak sesuai dengan dokumen perizinanya tentu pemilik tambak akan diberikikan sangsi tegas sesui aturan yang berlaku.

BACA JUGA:  Minta Semua Karya TMMD Dirawat Dengan Baik

“Kalau memang izin dengan luasnya tidak sesuai. Maka, Acay selaku pemilik tambak udang di Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, Lamsel akan kita sikat. Oleh karena itu, sebelum tim turun kelapangan kita akan lebih dahulu turun kebawah dan melihat seperti apa faktanya dilapangan” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Lamsel Zubaidi, yang dikonfirmasi lampung1.com, mengatakan tim pengawas di BPMPPT Lamsel telah diperintahkan untuk mengecek dokumen perizinanan tambak udang milik Acay mengenai luas tambaknya.

“Apabila, tidak sesuai. Maka kami akan melayangkan teguran terhadap pemilik tambak udang tersebut” kata dia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lamsel Meizar Malanesia, mengaku tidak tahu persis mengenai luas tambak milik Acay di Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, Lamsel.

BACA JUGA:  Polsek Rawa Jitu Selatan Identifikasi Balita Tenggelam di Irigasi

“Untuk lebih jelasnya, tanyakan langsung dengan Kabid Budidaya Perikanan DKP Lampung Selatan Iwan AR. Sebab, dia yang tahu persisnya”ungkap Meizar.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum Lingkungan BLHD Lampung Selatan Sundari, mengaku telah turun kelapangan yakni ke tambak udang milik Acay di Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, Lamsel pada Jumat 3 juni lalu untuk mengambil sample air limbah tambak udang yang diduga mencemari rumput laut milik petani.

“Semple airnya sudah kami serahkan ke Laboratorium untuk diuji apakah mencemari atau tidak air laut yang terdapat tanaman rumput laut milik petani. Tapi, hingga kini kami belum bisa memperoleh hasilnya. Untuk itu, kami masih menunggu hasil uji laboratorium selama 2 pekan lagi. Dimana, kini uji laboratorium sedang ramai” ujar Sundari, ketika dihubungi, Selasa (7/6) via ponsel. (Pranata)

About admin

Check Also

Pengurus Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Dikukuhkan

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Ketua Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Ny. Ninda Andi Afandi memimpin penandatanganan berita …

8 comments

  1. harus cepat diselesaikan

  2. harus cepat ditindak lanjutkan

  3. dimana2 tambak acay emang ngk beres cm mau untungnya aj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *