Selasa , Oktober 26 2021
Home / Hukum Kriminal / Pengawasan Izin Usaha di Lamsel Harus Ditingkatkan
Ilustrasi (Sumber: google)

Pengawasan Izin Usaha di Lamsel Harus Ditingkatkan

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Dinas Perizinan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tampaknya harus lebih ekstra dalam melakukan pengawasan perizinan perusahaan di tersebut. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan nakal di daerah Lamsel yang melakukan manipulasi izin.

Terbukti dari hasil inpeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan tim monitoring dan evaluasi (Tim Monev) Perizinan Pemkab Lamsel di sejumlah perusahaan, ditemukan beberapa perusahaan antara ukuran luas yang tertulis dalam dokumen perizinan tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

BACA JUGA:  Bupati Malang Pukul Gong, TNI Kodim 0818 Malang Batu Resmi Bekerja Untuk Rakyat

Selain itu, terdapat juga izin yang di usulkan oleh pihak perusahaan tidak sesuai dengan peruntukkannya. Itu terlihat oleh tim monev perizinan Pemkab Lamsel saat melakukan sidak di PT. Bandar Bakau Jaya (BBJ), di wilayah Kecamatan Bakauheni beberapa waktu lalu.

Menurut Asisten Bidang Pemerintahan Sekdakab Lamsel Mulyadi Saleh, hal itu membuktikan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh petugas BPMPPT Lamsel selama ini masih dinyatakan lemah dalam bertindak.

“Permasalahan yang muncul ini, dikarenakan adanya kesalahan yang dilakukan oleh petugas bidang pengawasan BPMPPT Lamsel, yakni tidak melakukan pengukuran secara detail dan benar. Selain itu juga, masih minimnya kesadaran masyarakat pengusaha untuk melaporkan data-data yang sebenarnya saat akan membuat dokumen perizinan di Kantor BPMPPT” ujar Mulyadi Saleh, Sabtu (18/6).

BACA JUGA:  Sambut Bulan Suci Ramadhan, Kejaksaan Negeri Tuba Gelar Doa Bersama

Mulyadi menuturkan, perizinan yang tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya, tentu berdampak terhadap penyetoran pajak bumi dan bangunan (PBB), serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yakni pajak progresif.

“Oleh karena itu, diharapkan kedepan bidang pengawasan yang ada di BPMPPT Lamsel harus bisa melakukan pengawasan secara rutin dan berkesinambungan terhadap perusahaan yang berskala besar. Dimana, perusahaan yang terus berkembang tentunya juga wajib melakukan perpanjangan perizinananya yang disesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya. Untuk itu, bagi petugas bidang pengawasan BPMPPT Lamsel, kami minta jangan terlalu terlena dengan permasalahan perizinan ini” katanya. (Pranata)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Gandeng PWI, Pemkot Prabumulih Kunker ke Pesawaran

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Pemerintah Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Bumi Andan Jejama …

One comment

  1. itukan… karena ada permainan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *