Rabu , Juli 28 2021
Home / Pendidikan / PWI Gandeng Pemkab Gelar “Pelatihan Jurnalistik Pendidikan”

PWI Gandeng Pemkab Gelar “Pelatihan Jurnalistik Pendidikan”

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Pesawaran, seminar pendidikan PWI Pesawaran di hadiri Bupati Pesawaran Hi. Dendi Ramadhona, Ketua PWI Provinsi Lampung Supriadi Alfian, Ketua DKD PWI Lampung Junaidi Djohan, Ketua PWI Pesawaran Erdanizar, Pimpinan Umum Harian Lampost Bambang Eka Wijaya, Kadisdikbud Pesawaran Sabani, dan para guru SD, SMP, SMA/sederajat yang menjadi peserta seminar, serta tamu undangan, Jum’at (3/6).

BACA JUGA:  Warga Banjarejo, Pilih Senam Pagi Sebagai Olahraga Yang Merakyat

Dalam seminar yang di selenggarakan oleh PWI Kabupaten Pesawaran bersama Pemkab setempat, Ketua DKD PWI Lampung Junaidi Djohan menyampaikan, ada 7 fungsi Dewan Pers yang di amanatkan UU 40/1999 : PERS, diantaranya, melindungi kemerdekaan pers dari campur tangan pihak lain, bias pemerintah dan juga masyarakat.

Melakukan pengkajian untuk pengembangan kehidupan pers, menetapkan dan mengawasi pelaksanaan kode etik jurnalistik, memberikan pertimbangan dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus yang berhubungan dengan pemberitaan pers. Mengembangkan komunikasi antara pers masyarakat dan pemerintah, Memfasilitasi organisasi pers dalam menyusun peraturan di bidang pers dan meningkatkan kualitas profesi wartawan, Mendata perusahaan pers.

BACA JUGA:  Kebanggaan tersendiri bagi pak Suparlan bantu Satgas TMMD 109 Kodim 0812

Hi. Bambang Eka Wijaya menambahkan, peran pers dalam dunia pendidikan berdasarkan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), adalah sebuah code of conduct atau arahan perilaku wartawan dengan nilai-nilai universal dalam pelaksanaan tugas profesinya sebagai jurnalis. Melalui karya jurnalistik yang taat asas dalam mengikuti arahan KEJ, wartawan secara nyata membiasakan masyarakat hidup dalam sikap yang etis.

Karya jurnalistik yang mengandung control social, lanjut Bambang, untuk meluruskan kembali pelanggaran etika dalam kepentingan umum, menjadi materi pembelajaran penting bagi audiens agar menjauhi perilaku menyimpang seperti yang disorot control sosial tersebut demi kehidupan pribadi dengan nama baik mereka tetap dihormati dan dijunjung tinggi dalam masyarakat sebagaimana berlaku dalam jurnalisme. (Eri/Rama)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Wisata Mati Suri, Pelaku Wisata Di Pesawaran Menjerit

  LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dan level 3 membawa dampak kegiatan …

One comment

  1. terima kasih pak bupati dukungan dan kerjasamanya atas program PWI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *