Selasa , Mei 18 2021
Home / Kesehatan / Stok Obat Habis, Pengguna BPJS Harus Tebus Obat Dari Luar

Stok Obat Habis, Pengguna BPJS Harus Tebus Obat Dari Luar

LAMPUNG1.COM, Lampung Utara – Para pasien pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengeluh, lantaran persediaan obat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu Kotabumi habis, akibatnya para pengguna BPJS Kesehatan yang sedang dirawat terpaksa harus membeli obat dari luar rumah sakit.

“Ya kalau pasien harus menebus obat lagi di luar dengan harga yang mahal, untuk apa dan apa pungsi kartu BPJS ini” ujar keluarga salah seorang pasien yang tidak ingin disebutkan namanya, Rabu 22 Juni 2016.

BACA JUGA:  Danrem 073/Makutarama : Kualitas Pengecoran Jalan Harus bermutu Baik

Sementara itu, Kabid Pelayanan Umum RSUD Ryacudu Kotabumi dr. Rahmad Wahyu membenarkan hal tersebut.

“Ya memang ada kendala kekosongan stok obat. Kami telah memesan obat akan tetapi dari pihak distributor atau perusahaan obat juga terjadi kehabisan stok obat yang dipesan” ujarnya kepada awak media di RSUD setempat.

Rahmad mengakui bahwa selama ini pihak rumah sakit tidak selalu melaksanakan kontrol terhadap persediaan obat-obatan, namun menurutnya kekosongan obat dari pihak perusahaan yang memproduksi obat-obatan untuk rumah sakit tersebut baru terjadi pada bulan ini.

BACA JUGA:  Danrem 043/Gatam Hadiri Rakornis TMMD 110 Tahun 2021

Ia juga menjelaskan, pihak RSUD telah bekerjasama dengan beberapa pabrik atau distributor obat-obatan pemenang tender, dirinya memastikan obat-obatan yang kosong akan secepatnya tersedia kembali. Sedangkan bagi pasien yang telah menebus obat dari luar, dapat di klaim ke pihak RSUD.

“Pasien yang telah menebus obat dari luar akan diganti dengan membawa bukti kwitansi dan foto copy resep. Penggantiannya tentunya disesuaikan dengan harga BPJS yang tertuang dalam e-katalog” pungkasnya. (Faisol)

About admin

Check Also

Pengurus Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Dikukuhkan

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Ketua Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Ny. Ninda Andi Afandi memimpin penandatanganan berita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *