Minggu , Maret 29 2020
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Ada Program “Pelonco” Siswa Baru, Ijin Sekolah Bisa Di Cabut.

Ada Program “Pelonco” Siswa Baru, Ijin Sekolah Bisa Di Cabut.

LAMPUNG1.COM, Hari pertama masuk sekolah, pada Rabu (13/7) ini, beberapa tim gabungan dari pemerintah dan instansi terkait, melakukan pengawasan, perlakuan yang di terapkan pada Siswa-Siswi Baru, di seluruh sekolah-sekolah yang ada di Propinsi Lampung.

Hal inti yang menjadi sorotan dan perhatian Tim monitoring ini, adalah untuk mengantisipasi terjadinya kebiasaan buruk soal “Perpeloncoan” Siswa Baru, yang dilakukan di lingkungan sekolah, baik oleh senior atau kakak kelas, pihak almamater, atau pihak-pihak lain di dalam lingkungan sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, menegaskan bahwa kegiatan “Perpeloncoan” murid baru, merupakan kegiatan yang telah dilarang keras, dan bila masih terjadi, akan di berikan sanksi yang sangat tegas bagi pihak-pihak yang tetap nekat melakukannya.

“Masa Orientasi Siswa (MOS) harus diisi dengan kegiatan Edukatif dan tidak mengandung unsur Kekerasan, dan selama MOS, sekolah dilarang melibatkan siswa senior, karena banyak fakta membuktikan, kasus kekerasan justru terjadi dan dilakukan oleh siswa senior kepada para siswa baru”, tegasnya.

Selain memerintahkan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota membentuk Tim Monitoring MOS, pihaknya juga memperkenankan Masyarakat, atau wali murid, untuk ikut aktif mengawasi pihak sekolah, bila menemukan tindakan kekerasan di sekolah, atau yang masuk unsur “Perpeloncoan”, masyarakat bisa melaporkan, melalui nomor telepon 0811976929 atau 021-59703020.

Beberapa Sanksi bagi sekolah yang tetap menerapkan Perploncoan, sesuai Pasal 7 Permendikbud No 18/2016, antara lain adalah : Teguran, Penundaan/Pengurangan Hak, Pembebasan Tugas, Pemberhentian, bagi Kepala / Wakil Kepala Sekolah / Guru, Kemudian Pemberhentian Bantuan, hingga Pencabutan Ijin Operasional / Penutupan Sekolah. (Eko Arif)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Satgas TMMD Bersama Warga Manfaatkan Waktu Istirahat Untuk Tambah Semangat dan Tenaga

LAMPUNG1.COM, Kudus – Disela waktu istirahat para Prajurit TNI sedang memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, waktu tersebut …

12 comments

  1. ini langka plonco begini di sekolah

  2. Ganteng2 y pasti muridnya

  3. semakin banyak aturan semakin pintar pula pihak sekolah mencari keuntunga baik yg bersipat pribadi maupun kelompok

  4. dulu juga pelonco ada tapi bukan unsur tuk balas dendam dalam pelaksanaan yg sipatnya menghibur dan saling unjuk prestasi

  5. plonco tidak ada tapi plonci yg ada

  6. sekarang ini banyak sekolah yg udah pinter ngelabui hukum maupun aturan yang ada jadi ngk heranlah lbh bs pihak sekolahnya dari pada menterinya

  7. sekarang ini banyak sekolah yg udah pinter ngelabui hukum maupun aturan yang ada jadi ngk heranlah lbh bs pihak sekolahnya dari pada menterinya

  8. kalau plonco ngk boleh tapi kalau istilah lain boleh,orentasi sekolah,siswa,gurukan ngk di larang ya….hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *