Jumat , Mei 7 2021
Home / Ekonomi / BPK Nilai, SILFA Lampung Timur Tahun 2015 “KECIL”

BPK Nilai, SILFA Lampung Timur Tahun 2015 “KECIL”

LAMPUNG1.COM, Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) Kabupaten Lampung Timur tahun 2015, berdasarkan hasil Audit Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Provinsi Lampung, sebesar Rp 37 Milyar lebih, dinilai jauh lebih kecil, dibandingkan asumsi SILPA pada APBD tahun 2016.

Sementara pada pandangan umum mengenai LPPA dan RPJMD, Fraksi-Fraksi di DPRD Lampung Timur, tidak ada yang menyentil pengelolaan anggaran, karena Juru Bicara Fraksi justru menilai pihak eksekutif berhasil mendongkrak PAD tahun 2016, dibandingkan tahun lalu, tanpa melihat angka-angka pembandingnya.

BACA JUGA:  Seluruh Pengurus dan Anggota PWI Tubaba Halal-Bihalal

Bupati Lampung Timur, Chusnunia saat menyampaikan RAPBD tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2015, di gedung DPRD, pada Rabu (20/7), mengatakan realisasi pendapatan dan realisasi belanja tahun 2015, mengalami defisit Rp 60 milyar lebih, yang ditutupi melalui pembiayaan netto dari SILPA tahun 2014 sebesar Rp 98 milyar, dan pengeluaran pembiayan Rp1 milyar.

SILPA tersebut berasal dari realisasi pedapatan Rp 1,6 trilyun lebih, yang terdiri dari PAD Rp 84 milyar, Hasil Transfer Pemerintah Pusat dan Provinsi Rp 63 milyar, dan Pos Pendapatan lain yang sah Rp 1,7 Milyar, sementara Realisasi Belanja Rp 1,7 Trilyun lebih, terdiri dari Belanja Operasional Rp 1,477 trilyun, dan Belanja Modal Rp 255 Milyar lebih.

BACA JUGA:  Safari Gemarikan Komisi IV DPR RI di Lokasi TMMD Reguler Banyumas

“Berdasarkan Audit BPK RI, terdapat selisih Rp 37 milyar”, terang Chusnunia.

Pihaknya juga menjelaskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, di susun melalui 4 pendekatan, diantaranya Teknokaratif, Partisipatif, Politis serta Top Down dan Bottom Up.

“Program RPJMD rencananya diarahkan pada peningkatan Kwantitas dan Kwalitas Sarana dan Prasarana Infrastruktur, Fasilitas Jalan, Angkutan Umum, Perkantoran, serta Keamanan Obyek Wisata Daerah”, tambahnya. (Riz)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Satgas Covid -19 Way Kanan Sidak Pasar Baradatu

LAMPUNG1.COM – Polsek Baradatu bersama Satgas (Satuan Tugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Way Kanan melaksanakan kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *