Senin , Mei 17 2021
Home / Kesehatan / Dinkes Tubaba Nyatakan Kabupaten Tubaba Bebas Dari Vaksin Palsu

Dinkes Tubaba Nyatakan Kabupaten Tubaba Bebas Dari Vaksin Palsu

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat menyatakan sampai saat ini Kabupaten Tulang Bawang Barat bebas dari vaksin palsu, yang sedang ramai di perbincangkan oleh kebanyakan orang.

Plt Dinas Kesehatan Tulang Bawang Barat Perana Putera saat ditemui di Kantor Pemkab setempat pada Senin (18/7), mengatakan vaksin yang digunakan oleh Dinas Kesehatan setempat didapat dari Provinsi dan telah diperiksa oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BACA JUGA:  Satgas TMMD Bersama Dengan Warga Kebut Pasang Batako RTLH

Dinas Kesehatan menghimbau kepada masyarakat Tulang Bawang Barat agar tetap melakukan imunisasi sebulan sekali di Pelayanan Kesehatan setempat, serta tidak perlu cemas terhadap penyebaran vaksin palsu di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Vaksin yang kita gunakan merupakan resmi dan kebanyakan vaksin palsu tersebut terindikasi dari rumah sakit swasta yang membeli vaksin sendiri. Memang, di beberapa media online menyebutkan Lampung terindikasi juga dengan vaksin palsu, tapi BPOM sudah memeriksa dan menyatakan bahwa vaksin yang didistribusi ke kabupaten dan kota bukan merupakan vaksin palsu” Ujar Perana Putera.

BACA JUGA:  Satgas TMMD Bojonegoro, Cor Dasar Drainase Nglambangan

Selain itu, Perana juga menjelaskan vaksin palsu juga tidak membahayakan kesehatan korbannya karena perbedaan vaksin palsu dengan vaksin yang asli hanya pada kadar imunitasnya, dimana kadar imunitas vaksin palsu jauh lebih sedikit dibandingkan vaksin yang asli.

“Tidak hanya vaksin palsu yang diperiksa BPOM, tetapi vaksin dan obat-obatan yang sudah tidak layak, karena cara penyimpanan vaksin itu khusus. Selain itu, vaksin itu tidak berbahaya karena kandungan di vaksin itu adalah NHCl dan vaksin yang tidak membahayakan tubuh. Hanya saja, vaksin tersebut diencerkan dari satu vaksin menjadi misalnya sepuluh vaksin sehingga menyebabkan kekebalan tubuh tidak terbentuk” Pungkasnya. (Taufik/Hamid)

About admin

Check Also

Pengurus Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Dikukuhkan

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Ketua Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Ny. Ninda Andi Afandi memimpin penandatanganan berita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *