Minggu , Mei 15 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Timur / Kawanan Gajah Jinak Sambut Rombongan Menteri di Way Kambas.

Kawanan Gajah Jinak Sambut Rombongan Menteri di Way Kambas.

LAMPUNG1.COM, Kabupaten Lampung Timur, patut bangga, karena Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang berada di dalam wilayah Lampung Timur ditetapkan sebagai Asean Heritage Park, pada Rabu (27/7).

Penetapan TNWK sebagai Asean Heritage Park merupakan yang ke 36 atau ke 4 di Indonesia, sebelumnya Taman Nasional Bukit Lauser juga telah ditetapkan sebagai Asean Haritage Park. Penetapan TNWK sebagai Asean Heritage disampaikan langsung oleh Eksekutif Director Asean Center fo by divercity Mr. Roberto Olifa kepada Menteri Lingkungan Hidup melalui Dirjen KSDAE Tachrir Fathoni saat rombongan delegasi Asean Heritage Parkcommittee meeting melakukan kunjungan ke Suaka Rhino Sumatera, didalam kawasan hutan lindung tersebut.

BACA JUGA:  Sholawat Nabi Terlantun Pada Syukuran Kenaikan Pangkat Tujuh Anggota Satgas

Eksekutif Director Asean Center fo by divercity Mr. Roberto Olifa menjelaskan, dengan ditetapkan TNWK sebagai Asean Heritage Park, menunjukkan bahwa TNWK saat ini sudah meningkat statusnya bukan hanya milik Indonesia melainkan juga milik Asean. Tujuannya dengan peningkatan status tersebut, kelangsungan hidup ekosistem flora dan fauna di TNWK tidak hanya menjadi tanggung jawab masyarakat Indonesia melainkan juga masyarakat Asean.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup melalui Dirjen KSDAE Tachrir Fathoni menandatangani prasasti penetapan TNWK sebagai Asean Heritage Park. Sekaligus menyerahkan plakat pemberian nama anak badak sumatera yang lahir pada 12 mei 2016 lalu dan anak gajah sumatera yang lahir pada 9 mei 2016 lalu kepada Wakil Bupati Lamtim Zaiful Bokhari.

BACA JUGA:  Melalui Seleksi Pilih Warga yang Tepat Dapatkan RTLH

“Anak badak sumatera diberi nama Delilah dan anak gajah sumatera diberinama Ratu, kedua nama tersebut di berikan oleh Presiden RI Joko Widodo terhadap anak badan dan anak gajah yang lahir di TNWK,” kata Tachrif Fathoni.

Usai melakukan kunjungan ke SRS, rombongan melanjutkan kunjungan ke Rumah Sakit Gajah yang terletak di Pusak Konservasi Gajah Balai TNWK, yang disambut dengan penyematan kalung bunga dan atraksi oleh kawanan gajah jinak di TNWK. (Zal)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Bapemperda DPRD Batam Masih Berupaya Selesaikan Pembahasan Harmonisasi Lanjutan Terhadap Ranperda Perkampungan Tua

Lampung1.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Batam masih berupaya menyelesaikan pembahasan harmonisasi …

One comment

  1. sambut nya motong sapi gk tuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.