Rabu , Juli 28 2021
Home / Ekonomi / Warga Tubaba Berpenghasilan Rp.7,5 Milyar dari Usaha Sapi

Warga Tubaba Berpenghasilan Rp.7,5 Milyar dari Usaha Sapi

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat gelar acara panen raya ternak sapi, di Tiyuh Candra Kencana, Tulang Bawang Tengah, Kamis (28/7). Di hadiri Kepala Dinas Peternakan Provinsi Lampung Desi Desmaniar Romas, Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan, Ketua DPRD Tubaba Busroni, unsur Muspida, dan sekitar 700 peternak sapi di Tulang Bawang Barat.

Menurut Wakil Bupati Fauzi Hasan, pada tahun 2015 warga Tulang Bawang Barat sudah mendapatkan penghasilan mencapai Rp. 7,5 Milyar dari usaha sapi kawin suntik atau inserminasi buatan.

BACA JUGA:  Kuasa Hukum Arinal - Nunik : Tak Ada Lagi Alasan Yuridis Menolak Hasil Pilgub Lampung

Berdasarkan data hasil sensus, 17.200 ekor sapi di tahun 2014 meningkat dua persen menjadi 17.378 ekor sapi di tahun 2015, dengan 1009 ekor diantaranya merupakan hasil kawin suntik secara inserminasi buatan.

IMG-20160728-WA001

Orang nomor dua di jajaran Pemkab Tubaba itu berharap, disamping sebagai sentra penghasil sapi potong di Provinsi Lampung, Tulang Bawang Barat juga mampu mempertahankan kebutuhan daging lokal, serta dapat ikut serta memsukseskan program Pemerintah berswasembada daging.

BACA JUGA:  Nipu 160 Juta, Tersangka Di Tangkap Di Puskesmas.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Lampung Desi Desmaniar Romas dalam Sambutannya mengatakan Kabupaten Tubaba ditunjuk sebagai kawasan ternak diantara 4 Kabupaten lain, sesuai dengan surat keputusan Gubernur Lampung. Dirinya mengatakan, tahun depan Tubaba akan mendapatkan bantuan sapi Brahman Cros dan akan dikembangkan sebagai daerah pembibitan sapi.

Desmaniar juga mengajak masyarakat, khususnya peternak untuk menggunakan sesuatu yang tidak penting menjadi lebih bermanfaat, contohnya mengola merang atau daun sawit untuk menjadi pakan ternak. (Taufik/Hamid)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

BPNT di Kecamatan Padang Ratu Diduga Dimonopoli

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Pencairan bantuan pangan non tunai (BPNT) bagi warga kurang mampu di …

3 comments

  1. Hebat jg ya warga tubaba

  2. Waw banyak jga ya hasil nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *