Minggu , Mei 16 2021
Home / Ekonomi / Wereng Serang Sawah Di Metro, Petani Rugi Puluhan Ton

Wereng Serang Sawah Di Metro, Petani Rugi Puluhan Ton

LAMPUNG1.COM, Walikota Metro A Pairin, meninjau langsung salah satu satu, dari puluhan hektar lahan pertanian warga masyarakat, di 3 kecamatan, di Kota Metro di serang hama wereng, pada Senin (18/6).

Wali Kota Metro Achmad Pairin, mengatakan, hampir semua wilayah di 3 kecamatan tersebut, dilaporkan telah terserang wereng, meski dengan kapasitas serangan yang berbeda-beda, ada yang berat, ada juga yang masuk kategori ringan.

“Yang pasti kita lakukan pengamatan sedini mungkin, terhadap hama wereng ini, agar mampu meminimalisir areal lahan pertanian yang terserang” ujar Pairin.

BACA JUGA:  Tim Penyisir Kualitas Jalan TMMD Juga Diterjunkan

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kota Metro, Yeri Ehwan menjelaskan, total lahan yang terserang hama wereng sebanyak 54,75 hektar, yang terdiri di Kecamatan Metro Selatan 23,75 hektar, Metro Barat 18,25 hektar, dan Metro Timur 12,75 hektar.

Wereng memang menjadi hama musiman yang sering menyerang lahan pertanian, saat usia padi kira-kira 1 sampai 2 bulan, dengan cara memakan batang padi, sehingga batang tampak menua, tetapi isinya bulirnya kosong.

BACA JUGA:  Mencari Peluang Untuk Bisa Bantu Warga

“Untuk total kerugian, masih kita hitung, tetapi kira-kira sekitar 8 hektar sawah tidak bisa panen, jika asumsinya per hektar itu 6 ton, berarti kerugian petani mencapai sekitar 48 ton”, jelasnya.

Dinas Pertanian melalui Petugas Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura, telah mengambil langkah untuk menekan penyebaran serangan hama wereng ini, dengan memberikan bantuan obat hama wereng secara gratis bagi petani. (Arb)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Personil Kompi 2b Pelopor Melaksanakan PAM Arus Balik Hari Raya Idul Fitri 1442.

LAMPUNG1.COM – Menindak lanjuti Nota Dinas Karo Ops Polda Lampung Nomor : B / ND- 100 …

5 comments

  1. waduh yang tabah ya pak petani

  2. kasih solusi nya pak

  3. yg sabar ya pak petani

  4. langsung di bantu aja pak para petani nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *