Minggu , Februari 21 2021
Home / pembangunan / 30 Pendamping Desa dari Tubaba Segera Ikuti Pratugas

30 Pendamping Desa dari Tubaba Segera Ikuti Pratugas

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat – Sebanyak 30 orang Pendamping Desa yang nantinya akan bertugas di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) segera mengikuti kegiatan pratugas, sesuai dengan implementasi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

30 Pendamping Desa itu ialah hasil dari perekrutan tahun 2015 lalu yang nantinya akan mengikuti pratugas yang rencananya diselenggarakan pada minggu pertama atau kedua bulan Agustus.

Tenaga Ahli Kabupaten Tubaba I Wayan Eka mengungkapkan, dalam kegiatan pratugas, para peserta akan diberikan beberapa yang menjadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yakni pendekatan pemberdayaan, pendampingan dan regulasi serta teknis penyelesaian masalah dilapangan.
“Dalam pratugas ini mereka dibekali sejumlah pengetahuan terkait tupoksinya, seperti pendekatan pemberdayaan, model pendampingan dan regulasi terkait UU Desa, serta pengetahuan teknis penyelesaian masalah,” ungkap I Wayan Eka, Senin (1/8).

BACA JUGA:  Melawan Saat Ditangkap, Pemilik Senpi Ilegal Ini Ditembak Polisi

Wayan memaparkan, pratugas tahap satu akan dilaksanakan di salah satu Hotel di Bandar Lampung. Mulai tanggal 2-6 Agustus 2016 dan untuk pratugas PLD mulai tanggal 10 Agustus – 1 September 2016.

Jumlah petugas desa yang ada di Tubaba terdiri dari, Tenaga Ahli (TA) 1 orang, Pendamping Desa (PD) 11 orang, dan Pendamping Lokal desa (PLD) 25 orang. “Jumlah kuota yang akan mengikuti pratugas hanya 30 orang yakni PD 10 orang dan PLD 20 orang, sisanya akan mengikuti pratugas tahap kedua,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Peringatan Haornas, Ribuan Siswa Ikuti Senam Sehat di Metro

Wayan berharap setelah pratugas ini, para pendamping mampu menerapkan tupoksinya sehingga tujuan desa yang mandiri dan sejahtera bisa terwujud lebih cepat. Selain itu dia berharap pada perekrutan selanjutnya, khusus Tubaba agar kuotanya ditambah, mengingat saat ini pendamping yang ada masih sangat kurang.

“Saya harap tiap Kabupaten ada enam TA, dan saat ini masih saya saja, dibantu 11 PD dan 25 PLD” pungkasnya. (Taufik/Hamid)

About admin

Check Also

Di Way Kanan Ayah Tiri Cabuli Anak di Bawah Umur, Dibekuk Polisi.

LAMPUNG1.COM,Way Kanan — Sungguh bejat perlakuan seorang pria dikabupaten Way Kanan tega mencabuli anak tiri …

5 comments

  1. Semoga harapan wayan dapat terlaksana

  2. yg bener ya tugasnya

  3. emg brapa anggota pak??knapa gk semuanya kalo emg lebih dri 30?

  4. harus disiplis tuh anggotanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *