Sabtu , Februari 27 2021
Home / Hukum Kriminal / 6.379 Napi di Lampung Mendapat Remisi

6.379 Napi di Lampung Mendapat Remisi

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Selain memperingati momentum Kemerdekaan RI ke-71, Pemerintah Provinsi Lampung memberikan remisi bagi warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Wanita dan Anak, Way Huwi.

Hadir pada acara tersebut Gubernur Lampung Ridho Ficardo dan Wakil Gubernur Bachtiar Basri didampingi Forkopimda, Pejabat Eselon II serta Pejabat dari Kemenhum dan HAM Lampung.

Gubernur Lampung saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI mengatakan, pemberian remisi merupakan perlakuan yang baik terhadap WBP yang didasari dengan penghormatan terhadap hak dan martabat kemanusiaan.

BACA JUGA:  Paksa Pacar "Bobok Bareng", Seorang Remaja Di Tangkap Polisi

IMG_20160817_145740Diketahui, remisi merupakan hak yang telah diatur secara tegas dalam pasal 14 ayat 1 Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Bahwa setiap narapidana (Napi) mempunyai hak untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana.

Ridho juga mengajak seluruh masyarakatnya tanpa terkecuali untuk bersama-sama memerangi maraknya penyebaran dan penyalahgunaan Narkoba.

Menurut data yang dipaparkan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Lampung Dardiansyah, jumlah napi se-Provinsi Lampung hingga 17 Agustus 2016 mencapai 6.379 orang, dengan bermacam tindak pidana.

BACA JUGA:  Pemkab Lambar Kaji Suoh Jadi Kawasan Geopark Nasional

Lebih lanjut dirinya menerangkan, kasus narkoba ada sebanyak 42,65% dari 10 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan 6 Rumah Tahanan (Rutan) se-Provinsi Lampung. Jumlah kejahatan ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan tindak pidana lainya.

Disusul tindak pidana Curas/Curat 19%, Perlindungan anak 12,2%, dan 26,15% masuk dalam tindak pidana seperti perampokan,, penggelapan, pembunuhan, perjudian, penipuan, korupsi dan lainya. (Red/L1)

About admin

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas TMMD Imbau Warga Taati Protokol Kesehatan

LAMPUNG1.COM, Bojonegoro – Serda Jalahidin selaku anggota Satgas TMMD 110 Kodim 0813/Bojonegoro melaksanakan tugas pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *