Selasa , Oktober 26 2021
Home / Ruwa Jurai / Mesuji / Bupati Mesuji : Masyarakat Harus Tanggap Bencana Alam

Bupati Mesuji : Masyarakat Harus Tanggap Bencana Alam

LAMPUNG1.COM, Mesuji – Bupati Khamami mengimbau masyarakat selalu tanggap dan peka terhadap kemungkinan akan terjadinya bencana alam, sehingga dapat meminimalisir korban jiwa maupun harta benda.

Hal itu disampaikannya pada acara Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB), Jum’at (26/8/2016) di desa Wiralaga, kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji.

Khamami berharap, masyarakat juga menjaga lingkungan seperti, tidak membuang sampah disungai, atau irigasi, menebang pohon yang bisa berdampak banjir dan tanah longsor.

BACA JUGA:  Hidup Bersosial untuk Kehidupan yang Langgeng

IMG-20160829-WA0021Kepala Bidang Bantuan Sosial Dinas Sosial Maria Tamtina dalam rilisnya mengatakan bahwa tekah terjadi perubahan paradigma penanggulangan bencana internasional dari fatalistic responsive yang terorientasi pada penanggulangan bencana kedaruratan sebagai respon akibat terjadi bencana, menuju kepada proactive preparadiness dimana penanggulangan bencana dilakukan sejak dini melalui kesiapsiagaan sampai dengan tahap pemulihan sosial.

Untuk itu Dinas Sosial Provinsi Lampung melaksanakan program penanggulangan bencana bidang bantuan sosial berbasis masyarakat atau Community Centre Base Disaster Management (CCBDM) yang mendahulukan kepentingan dari, oleh dan untuk masyarakat, pranata sosial serta modal sosial (social capital) masyarakat lokal secara kelompok.

BACA JUGA:  Lanjutan RTLH, Rumah Pak Panji Mulai di Garap

Kegiatan tersebut berlangsung 25-27 Agustus 2016 dan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Diawali dengan sosialisasi tentang bencana alam cara penyelamatan jiwa, tanda tanda akan terjadi bencana, disamping itu juga pengelolaan dalam kondisi tanggap darurat. (Kom/L1)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Gandeng PWI, Pemkot Prabumulih Kunker ke Pesawaran

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Pemerintah Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Bumi Andan Jejama …

One comment

  1. yah emang seperti ini seharusnyaa,supaya peduli akan masyarakat,sama seperti pribahasa sedia payung sebelum hujan,,, harap bersiapp-siapp sebelum bencana datang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *