Sabtu , September 25 2021
Home / Agama / Fauzi Hasan Buka Manasik bagi 168 Jama’ah Calon Haji Tubaba

Fauzi Hasan Buka Manasik bagi 168 Jama’ah Calon Haji Tubaba

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat – Kegiatan manasik haji bagi jama’ah calon haji tahun 1437 H/2016 M dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Fauzi Hasan. Acara yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tubaba itu berlangsung di pondok pesantren Al-Furqon yang berada di kelurahan Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Senin (1/8).

Sebanyak 168 jama’ahj calon haji dari Tubaba mengikuti kegiatan pembinaan dan bimbingan, hal tersebut adalah tahap persiapan sebelum berangkat ke tanah suci. Kegiatan tersebut dihadiri kepala Kemenag Tubaba, Kadis Kominfo, Ketua MUI, Kabag Kesra, dan juga seluruh calon jamaah.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Fauzi Hasan mengatakan, manasik haji merupakan modal dasar dalam menunaikan ibadah haj‎i sebab, seluruh jama’ah akan mendapatkan pembinaan intensif tentang tata cara menjalankan ibadah haji.

BACA JUGA:  Masalah Pengosongan TPA Memanas, Ini Kata Pemerintah Pekon

“Melalui manasik haji ini, seluruh jama’ah tentu akan mendapatkan ilmu atau pengetahuan tentang haji, sehingga diharapkan nantinya seluruh rangkaian ibadah haji dapat di laksanakan dengan benar dan khusyuk dan tawadhu,”ungkap Wabup.

Menurut Fauzi, pembinaan manasik haji sangat penting, diharapkan para jama’ah dari Kabupaten Tubaba dapat mengikutinya dengan seksama.

“Kita ketahui bersama bahwa ibadah haji adalah ibadah yang memerlukan banyak pengorbanan, baik harta, waktu, dan perasaan. Oleh karena itu tentunya kita tidak menginginkan pengorbanan yang begitu besar itu menjadi sia-sia hanya karena kurangnya pembekalan ilmu. Dan melalui pembinaan manasik haji inilah para jama’ah calon haji akan mendapatkan pengetahuan yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji,” tuturnya.

BACA JUGA:  Satgas TMMD 110 Bojonegoro Rembuk Santai Bareng Warga

Fauzi Hasan mengimbau kepada para pembina manasik haji supaya dapat membantu para jama’ah agar dapat mempersiapkan, serta melaksanakan ibadah haji dengan baik dan khusyuk.

“Banyak hal yang belum tergambarkan saat berada di tanah air, dapat ditemui atau akan terjadi ketika berada di tanah suci. Disinilah peran para pembina yang telah memiliki pengalaman. Diharapkan dapat menjelaskan cara mengantisipasi hal tersebut kepada para calon haji, Semoga melalui pembinaan manasik ini para Jama’ah akan mendapatkan bekal yang memadai dalam rangka menunaikan ibadah di tanah suci,”ujarnya.

BACA JUGA:  Gotong Royong Warga Desa Ngepoh Manunggal Bersama TNI dalam TMMD 108

Kepala Kantor Kemenag setempat Juanda Naim mengatakan, kegiatan manasik di Kabupaten akan berlangsung selama 2 hari, yakni pada tanggal 1-2 Agustus. Sedangkan Manasik di Kecamatan sebanyak 8 kali.

Juanda memaparkan, keberangkatan para jema’ah calon haji dibagi menjadi 3 kloter, yaitu kloter 20, 23 dan 40. Kloter 20 dijadwalkan berangkat pada tanggal 20 agustus 2016 dengan jumlah jamaah sebanyak 159 orang. Sedangkan untuk kloter 23 akan berangkat pada tanggal 23 dengan jama’ah 2 orang, dan kloter 40 akan berangkat tanggal 29 Agustus dengan jumlah jamaah 7 orang. (Taufik/Hamid)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bupati Lamsel Dukung Kegiatan Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah Prov Lampung

LAMPUNG1.COM,LAMSEL  – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima Audiensi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan …

6 comments

  1. Allahamdullillah,semoga selamt sempai dengan tujuan

  2. syukuran nya jangan lupa

  3. jangan lupa oleh” nya

  4. jangan lupa selalu brdoa terus ya

  5. semoga selamat sampai tujuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *