Selasa , Agustus 3 2021
Home / Ekonomi / Jeruk, Solusi Tanaman Kemarau & Potensi Agro Wisata di Lampung Timur.

Jeruk, Solusi Tanaman Kemarau & Potensi Agro Wisata di Lampung Timur.

LAMPUNG1.COM, Memasuki musim kemarau, dan minimnya pasokan air, sejumlah petani padi di Kecamatan Kibang, Kabupaten Lampung Timur, mengalihkan pengelolaan lahan pertaniannya, untuk mengembangkan tanaman jeruk, yang ternyata bisa menjadi salah satu kawasan agrowisata pertanian, yang menarik.

Sukendar, salah satu Petani Jeruk, di Desa Margototo, Kecamatan Kibang, Lampung Timur, menjelaskan bahwa Tanaman Holtikultura, Jeruk jenis Keprok Chokun ini, menjadi salah satu alternatif tanaman, yang di kembangkan masyarakat petani di Kibang, karena di harapkan dapat menjadi salah satu penopang perekonomian petani, pada saat musim kemarau.

BACA JUGA:  Jayin :''Getah Pinus Sedang Sulit, Saya Bisa Bantu Maksimal TMMD ''

“Prospek pasarnya, ternyata cukup menjanjikan, selain untung penjualan yang lumayan, ternyata permintaan konsumen terhadap buah jeruk jenis ini, cukup tinggi, di pasaran, makanya kami coba mengembangkan tanaman ini”, jelasnya.

Konsumen juga tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam, untuk bisa menikmati buah ini, karena untuk kualitas super, buah yang rasanya manis dan segar ini, di bandrol dengan harga 15 ribu rupiah per-kilogram, dan untuk kualitas sedang di bandrol dengan harga 8 – 10 ribu rupiah per-kilogramnya.

BACA JUGA:  Luar Biasa. Mak-Mak Akhirnya Turun Jalan Ikut Lembur Jalan TMMD

Untuk mendongkrak marketing, para petani di Kecamatan Kibang, juga membuka lahan perkebunan jeruknya, menjadi salah satu alternatif Agrowisata Pertanian, yang bebas bagi warga masyarakat, tanpa di pungut biaya.

“Buat masyarakat yang pengen refreshing, dan sekedar jalan-jalan ke kebun jeruk, bisa berkunjung ke sini, masuknya gratis kok, dan kalo mau petik dan bawa pulang jeruk, cukup membayar 10-15 ribu perkilonya”, tambah Sukendar. (Ded / Arb)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Bupati Kab Tubaba Terima Kunker Ketua PWNU Provinsi Lampung

Lampung 1.com Tubaba:Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, SP. menerima kunjungan Kerja Ketua PWNU Provinsi …

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *