Minggu , Juni 19 2022
Home / Ekonomi / Juli 2016, Kota Bandar Lampung Inflasi 0,53 Persen

Juli 2016, Kota Bandar Lampung Inflasi 0,53 Persen

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Ibukota Provinsi Lampung mengalami inflasi sebesar 0,53%. Beberapa penyebabnya ialah, perkembangan harga berbagai komoditi pada bulan Juli 2016, secara umum mengalami peningkatan.

Berdasarkan pemantauan harga oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Juni terjadi peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 124,26. Dan pada bulan Juli 2016 menjadi 124,92.

Hal itu disampaikan Kepala BPS Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum pada ekpose BPS yang berlangsung di ruang rapat BPS Provinsi Lampung, Senin (1/8).

BACA JUGA:  Ojk Siapkan Kebijakan Stimulus Untuk Jaga Pertumbuhan Perekonomian Nasional

Yeane Irmaningrum menjelaskan, terdapat lima kelompok pengeluaran yang memberikan andil inflasi di Kota Bandar Lampung, diantaranya kelompok bahan makanan sebesar 0,27%, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,03%, kelompok sandang sebesar 0,01%. Sedangkan transportasi, komunikasi dan jasa keuangan 0.20% dan kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,04%.

Dua kelompok memberikan andil deflasi yaitu kelompok kesehatan memberikan andil sebesar 0,01% dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga memberikan andil deflasi sebesar 0,01%.

BACA JUGA:  Jaga Keindahan K3P, Forkopincam Maos dan Warga Desa Karangrena Kerja Bakti Bersama

Inflasi Bandar Lampung, lanjutnya, menempati peringkat ke 53 dari 82 kota yang diamati perkembangan harganya. Dari 82 kota, 78 diantaranya mengalami inflasi, sedangkan 4 kota lainya mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi di Kota Tanjung Pandan sebesar 2,34%, sedangkan inflasi terendah terjadi di Gorontalo sebesar 0,06%. Berdasarkan penghitungan inflasi tahun kalender (point to point), Kota Bandar Lampung pada Juli 2016 mengalami inflasi sebesar 0,82%, dan inflasi year on year (yoy) adalah sebesar 2,65%. (Tim L1)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Ribuan Warga Ikuti “Senam Sehat-Kantong Sehat” B-TER Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Ribuan warga masyarakat dari berbagai usia, mengikuti Senam Zumba Party, yang digelar oleh Aplikasi …

9 comments

  1. Setuju,semoga berjalan dengan lancarr

  2. semoga berjalan lancar

  3. ekonomi makin meningkat,gaji lama naik nya…

  4. gmna caranya biar semua barang apapun bsa murah

  5. harus dipikirkan itu….

  6. nah itu dia makin tahun makin meningkat harga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.