Senin , Oktober 18 2021
Home / Ekonomi / Kios Batu Akik di PKOR Way Halim Diresmikan

Kios Batu Akik di PKOR Way Halim Diresmikan

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Para penjual batu akik di Lampung patut bangga dengan Pemerintah. Pasalnya hari ini, Senin (15/8/2016) telah dilaksanakan Peresmian Kios PKL Batu Akik yang berada di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

Acara itu dihadiri Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, Staff Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan, Direktur Layanan UMKM Kementerian Koperasi Republik Indonesia A. Zabadi, Kadis Koperasi dan UMKM, Ketua OJK, Ketua Asosiasi Batu Akik Provinsi Lampung Ansory Djausal.

Bachtiar Basri mengatakan, peresmian ini memiliki makna yang cukup penting yaitu sebagai wujud kepedulian Pemerintah kepada masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima (PKL).

Karena PKL juga hadir sebagai kekuatan ekonomi, lanjut wagub dalam sambutan, khususnya dalam mendorong pembangunan perkotaan. Hal tersebut tidak lepas dari partisipasi para PKL sendiri dalam mensukseskan program yang telah digariskan Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:  Konsen Ke Wisata Petengoran, Tim Japfa Dongkrak UMKM

“Untuk mendorong peningkatan peran dan kapasitas para PKL berbagai program telah dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga di Pusat dan Daerah. Dampak pentingnya telah dirasakan oleh para penerima manfaat, baik PKL itu sendiri maupun Pemerintah Daerah” ujar Wagub.

Hal ini juga termasuk implementasi dari Permendagri No. 41 tahun 2012 tentang Pedoman Penatan dan Pemberdayaan PKL dan bahkan diterbitkan PERPRES No. 125 Tahun 2012 yang merupakan pedoman bagi Kementerian/Lembaga dan seluruh Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penataan dan pemberdayaan PKL.

1471245683674Wakil Gubernur mengaku bangga dan mengapresiasi Menteri Koperasi dan UKM RI yang telah memberikan sarana usaha kios yang telah dibangun ini. Ia mengimbau para pengrajin Batu Akik agar menjaga kebersihan dan ketertiban.

BACA JUGA:  Danrem Harapkan Warga Angkat Derajat Kesejahteraan

“Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik. kepada pengrajin Batu Akik agar menjaga kebersihan, keindahan dan ketertiban serta menjaga koordinasi dan kerjasama yang telah terbina selama ini sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat” imbau Bachtiar.

Kadis Koperasi & UMKM Provinsi Lampung Prihartono G Zain menambahkan Peresmian Sarana Kios Batu Akik PKOR Way Halim adalah bentuk realisasi dari surat permohonan para pengrajin batu akik yang dimotori oleh Koperasi Sutrawa, prihal Permohonan bantuan Kios sebagai sarana PKL Batu Akik.

Kemudian, diteruskan oleh Pemerintah Provinsi Lampung kepada Kementerian Koperasi dan UMKM. Kementrian Koperasi dan UMKM RI membantu dan direalisasikan pada Tahun Anggaran 2015 dengan nilai Rp. 400.000.000,- untuk pembangunan 50 Unit Kios+Sumur Bor.

BACA JUGA:  Menuju Pesawaran Layak Anak 2021, DPPPA Beri Pelatihan Kader PATBM

Pada kesempatan yang sama Direktur Layanan UMKM Kementerian Koperasi Republik Indonesia A. Zabadi mengatakan 99,9 % UMKM adalah penggerak ekonomi Nasional. Pemberian Kesempatan, Pemerataan, dan Pembinaan terhadap pelaku UMKM adalah sebuah keharusan.

Dirinya memaparkan, Pinjaman dalam hal bantuan pendanaan modal untuk UMKM mencapai 100 Triliun-20 triliun. Pemerintah menekan bunga pinjaman untuk para pelaku UMKM dan diharapkan tahun 2017 bisa mencapai 7%.

Hal itu dilakukan agar pelaku usaha ekonomi kreatif lebih bisa optimal. Menurutnya, UMKM siap menghadapi MEA, namun pola pikir anak bangsa kita yang lainnya harus di rubah. “Kita harus lebih bangga terhadap produk Dalam Negeri. Dengan kita menggunakan produk kreasi anak bangsa, maka kita sudah menyelamatkan prekonomian indonesia” kata dia. (Red/L1)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Seorang Pemuda Tewas Gantung Diri, Keluarga Tolak Outopsi Jenazah Tegar

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Seorang pemuda (20) tewas gantung diri di belakang rumah korban Desa Karang Anyar, Kecamatan …

One comment

  1. semoga berjalan lancar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *