Selasa , Agustus 3 2021
Home / Ekonomi / Petani Lada Di Lampung Timur, Ternyata Belum “MERDEKA”.

Petani Lada Di Lampung Timur, Ternyata Belum “MERDEKA”.

LAMPUNG1.COM, Meski sudah 71 tahun usia kemerdekaan di negara ini, ternyata kemerdekaan tersebut belum bisa di nikmati oleh seluruh warga negara yang ada di negara Republik Indonesia ini, salah satunya adalah para petani Lada di Kabupaten Lampung Timur.

Salah seorang petani lada di Desa Pakuan Aji, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur, Suwandi, mengungkapkan bahwa Harga Lada yang terus merosot, yaitu saat ini di angka 24 ribu rupiah perkilo untuk lada cangkang basah, dan 90 ribu rupiah perkilo untuk lada kering, benar-benar menyulitkan kondisi masyarakat petani, yang sudah turun menurun mengembangkan dan mengandalkan kehidupannya dari tanaman tersebut.

BACA JUGA:  Setelah Sosialisasi Perda, Mardiana Tinjau Destinasi Wisata Desa Subik

Menurutnya, produktifitas hasil panen lada petani, juga banyak berkurang, karena jika mengacu pada hasil panen tahun lalu, dalam 1 hektar lahan, dengan jumlah batang antara 1100 – 1200 pohon lada, bisa memperoleh hasil panen mencapai 5 ton, tetapi saat ini hanya sekitar 3 ton.

Persoalan semakin rumit, ketika memasuki masa panen lada, justru kondisi cuaca masih sering turun hujan, sehingga petani tidak bisa menjemur hingga kering, hasil panen lada mereka, yang akibatnya harga jual semakin anjlok.

BACA JUGA:  Jelang Pilkada, Pjs Gubernur Didik Suprayitno Terus Dorong Perekaman E-KTP

“Selain harga jual yang turun drastis, saat ini kami kesulitan menjual lada dalam kondisi kering, karena masih sering turun hujan, sementara untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, kami tidak mungkin terlalu lama, menahan menjual hasil panen lada kami”, terang Suwandi.

Pihaknya mengharapkan agar pemerintah melalui dinas terkait, dapat segera mengambil langkah untuk mencari solusi dari persoalan tersebut, apalagi Kabupaten Lampung Timur, merupakan salah satu kawasan produktif penghasil lada hitam di negara ini. (Ded / Arb)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Bupati Kab Tubaba Terima Kunker Ketua PWNU Provinsi Lampung

Lampung 1.com Tubaba:Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, SP. menerima kunjungan Kerja Ketua PWNU Provinsi …

2 comments

  1. harus segera diatasi

  2. sangat jelas merdeka hanya hal tertentu,yg mash terjajah ekonomi kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *