Jumat , April 16 2021
Home / Ekonomi / Petani Lampung Timur, Tertarik Tanam Tembakau Virginia.

Petani Lampung Timur, Tertarik Tanam Tembakau Virginia.

LAMPUNG1.COM, Beberapa petani di wilayah Kabupaten Lampung Timur, mulai tertarik menanam dan mengembangkan tanaman Tembakau Virginia, yang ternyata bisa jadi komoditas menjanjikan dari sisi nilai jualnya.

Sutrisno, salah satu Petani Tembakau Virginia, di Lampung Timur, menjelaskan, bahwa, saat ini sudah banyak sekali petani lain yang mengikuti jejaknya mengembangkan tanaman tembakau virginia ini, karena sudah mulai merasakan perbandingan keuntungan yang lumayan besar, dari penjualan hasil panen daun tanaman, yang digunakan sebagai bahan utama produk Rokok tersebut.

BACA JUGA:  Jalan Baru Sudah Dinikmati Warga Tebluru

Menurutnya, selain lebih tahan terhadap penyakit atau hama, tanaman Tembakau Virginia ini, memiliki daya tahan yang kuat, meskipun dengan kondisi air yang terbatas, tetap panen dengan hasil yang optimal, yaitu dalam 1 tahun masa tanam, biasanya dalam 1 hektar lahan, bisa menghasilkan 1,5 Ton daun tembakau yang siap jual.

“Kalau merujuk data yang disampaikan oleh pemerintah, saat ini luas areal lahan produktif tanaman tembakau virginia, di wilayah Kabupaten Lampung Timur, sudah mencapai 420 hektar lebih”, jelasnya.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Utara Lakukan Halal Bihalal

Pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Pemerintah melalui dinas terkait, agar mendapat arahan dan pendampingan, sehingga nantinya benar-benar mampu menghasilkan daun tembakau virginia yang berkualitas, sesuai standar mutu internasional, dengan harga jual yang terbaik. (Ded)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Ganjar Jationo Jabat Kadis Kominfotik Lampung.

LAMPUNG1.COM, BANDARLAMPUNG – Arinal Djunaidi selaku Gubernur Lampung melantik dan mengambil sumpah jabatan 8  Eselon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *