Rabu , Februari 24 2021
Home / Kesehatan / Pulang dari Luar Negeri, TKI Lamtim Banyak Terjangkit HIV/AIDS

Pulang dari Luar Negeri, TKI Lamtim Banyak Terjangkit HIV/AIDS

LAMPUNG1.COM, Lampung Timur – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Yusron Wahid mengaku mendapatkan pukulan “telak” bila dari 108 warga Lampung Timur (Lamtim) yang sebagian besar terjangkit HIV/AIDS sekembalinya bekerja di luar negeri.

Hal tersebut diungkapnya usai menghadiri sosialisasi TKI di Lamtim sekaligus lounching gerakan malu menganggur di Gedung Islamic Center Sukadana, Rabu (10/8). Ia membenarkan ada TKI yang pulang dari luar negeri terjangkit HIV/AIDS. Namun, terkait 108 warga Lamtim yang sebagian besarnya terkena HIV/AIDS, dirinya belum mendapat laporan secara pasti.

BACA JUGA:  Satgas Laksanakan Program 100 Persen Selesai

“2 orang saja terkena HIV/AIDS sudah termasuk besar, namun jika sebagian besar dari 108 TKI asal Lamtim terkena HIV/AIDS saya tidak yakin, kita akan cek terlebih dahulu datanya” terang Yusron Wahid.

Ia menambahkan, bila memang benar sebagian besar TKI asal Lamtim terkena HIV/AIDS, hal itu merupakan pukulan telak bagi Isntitusi BNP2TKI. Pihaknya akan evaluasi guna perbaikan. “Data tersebut harus di cek kebenarannya, sehingga dapat dilakukan evaluasi untuk perbaikan,” ucap Yusron Wahid.

BACA JUGA:  TMMD 110, Danramil Tambakrejo Bojonegoro Pimpin Bongkar Paving

Yusron mengaku, tidak menutup kemungkinan TKI banyak yang terkena penyakit HIV/AIDS, namun belum diketahui secara pasti jumlah mantan TKI yang terkena penyakit HIV/AIDS. “Kalau di Lamtim ada tentu di daerah lain ada, namun jumlahnya saya tidak yakin untuk Lamtim sebanyak itu,” kata Yusron Wahid.

Hal ini merupakan fenomena umum, lanjut Yusron, dan harus menjadi perhatian, mengingat sebelum di berangkatkan ke luar negeri, para calon TKI telah di bekali bimbingan seks education. “Bagaimana tidak terjadi, banyak TKI yang berangkat akibat perceraian,” papar Yusron Wahid.

BACA JUGA:  Bupati Sujadi Pimpin Upacara Hari Amal Bakti, Berpesan Agar Bekerja Sebagai Ibadah

BNP2TKI akan menindaklanjuti masalah tersebut dan pihaknya akan melakukan pengecekan. Sedangkan tindakan pencegahanya, BNP2TKI akan terus melakukan pengawasan terhadap TKI yang kembali dari luar negeri dengan memberikan konseling dan rehabilitasi sosial.

“Akan ditindaklanjuti dan di cek jumlah penderita HIV/AIDS yang berasal dari TKI, kami pun akan terus melakukan pengawasan terhadap TKI yang pulang dari luar negeri,” kata Yusron Wahid. (Riz)

About admin

Check Also

Sambut HUT Dekranas ke-41, Ibu Riana Sari Arinal Serahkan Bantuan Modal Usaha ke Para Perajin

LAMPUNG1.COM, BANDARLAMPUNG —— Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekrana) Indonesia ke-41, Ketua …

7 comments

  1. Wah wah…bawa penyakit nih para TKW

  2. Aids itu penyakit yang sangat berbahaya dalam jangka waktu

  3. Bahaya tuh

  4. itu jadi pelayan apa pelayan sex….???

  5. wah tkw kita pada bawa penyakit y dari luar negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *