Selasa , Mei 18 2021
Home / Kesehatan / Gawat…! Flu Burung “Serang” Ribuan Unggas Di Lampung Timur.

Gawat…! Flu Burung “Serang” Ribuan Unggas Di Lampung Timur.

LAMPUNG1.COM, Warga masyarakat khususnya yang memiliki ternak unggas, wajib berhati-hati, karena Flu Burung sudah terdeteksi menyerang di 7 Kecamatan, di Kabupaten Lampung Timur, yaitu Kecamatan Pekalongan, Batanghari Nuban, Purbolinggo, Raman Utara, Sukadana, Way Jepara, Batanghari.

Kabid Kesehatan Dinas Peternakan Lampung Timur, Dewanto, menerangkan, bahwa Flu Burung atau yang H5N1, sudah terdeteksi menyerang unggas masyarakat, di 7 Kecamatan di Kabupaten Lampung Timur, dengan jumlah hampir mencapai 4.000 ekor unggas, sejak periode Januari hingga Agustus 2016.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Beri Solusi Atasi Derita Petani Cabai Tegineneng dan Bekri karena Serangan Hama dan Kekurangan Air

Sementara untuk menekan perluasan serangan Flu Burung ini, Dinas Peternakan Lampung Timur, telah menyebar 4.600 Vaksin, yang terdiri dari 600 vaksin untuk itik, dan 4.000 vaksin, khusus untuk unggas, yang langsung di distribusikan pada titik terparah yang terjangkit virus H5N1.

“Selain kita bantu vaksin, kami juga berharap peternak dapat bekerjasama, dengan menjaga kebersihan kandang ternak, dan melakukan proses karantina atau tidak langsung di jual, dan untuk ternak yang sudah positif Flu Burung, harus langsung di Bakar”, ujar Dewanto.

BACA JUGA:  TMMD 110 Kodim Bojonegoro Diharapkan Mampu Memberikan Perubahan di Masyarakat

Pihaknya meminta masyarakat segera melapor jika mencurigai ada unggasnya yang terserang virus Flu Burung, sehingga petugas bisa langsung menindaklanjuti, dan berdasarkan data yang di himpun, untuk Kabupaten Lampung Timur, unggas yang rawan terserang virus H5N1 adalah ayam petelur dan ayam kampung, khususnya pada musim hujan. (Mada)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Pengurus Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Dikukuhkan

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Ketua Dharma Pertiwi Cabang Cilacap Ny. Ninda Andi Afandi memimpin penandatanganan berita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *