Senin , Oktober 25 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Tengah / Komite I DPD RI Tinjau Calon DP Kabupaten Seputih Barat

Komite I DPD RI Tinjau Calon DP Kabupaten Seputih Barat

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowam bersama beberapa anggota DPD RI, yakni Abdul Qadir Amir Hartono, Rijal Sirait, Muhammad Mawardi, Ahmad Subadri, serta Anggota DPD RI asal Lampung Syarif, Staf Ahli Toni Mardiansyah, serta Staf Sekretariat Komite I DPD RI, meninjau calon Daerah Persiapan (DP) Kabupaten Seputih Barat, dengan didampingi Asisten Bidang Pemerintahan Lampung Tengah A.Ashar dan Kabag Bina Otda Biro Otda Setdaprov Lampung Dorda, Minggu (25/9).

Kedatangan rombongan di lokasi pusat pemerintahan disambut antusias oleh masyarakat, tokoh masyarakat, serta Camat Padang Ratu.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Edward Antony Serahkan Bantuan Transformasi Perpustakaan Berbasis Iklusi Sosial dan Perpustakaan Keliling

Melalui Kadis Kominfo Provinsi Lampung Sumarju Saeni, Kabag Bina Otda Biro Otda Setdaprov Lampung Dorda menjelaskan, usulan pemekaran dua calon DP Kabupaten Suputih Barat dan Seputih Timur sudah sejak tahun 2013 yakni dengan Surat Bupati Lampung Tengah Nomor 130/0739/01/2013 Tanggal 23 Desember 2013, namun persyaratan administrasi belum lengkap. Setelah berkas administrasi lengkap maka Gubernur Lampung dan DPRD Provinsi Lampung menerbitkan Surat Persetujuan Bersama Nomor : G/498.aB.II/HK/2015 dan Nomor 160/1092/12.01/ 2015 Tanggal 19 Oktober 2015.  Kemudian Bupati Lampung Tengah mengusulkan DOB tersebut ke Mendagri pada 11 November 2015.

BACA JUGA:  Senyum Teritorial Adalah Senjata Seorang Babinsa Banyumas di Tempat Tugas

img-20160925-wa0001

Ketua Komite I DPD RI sangat menghargai keseriusan masyarakat dan Pemkab Lampung Tengah dan Pemprov Lampung serta DPRD nya dalam pembentukan kabupaten baru, karenanya Komite I DPD RI berkomitmen untuk mewujudkannya, karena memang secara administrasi dan fisik di lapangan calon Kabupaten Seputih Barat telah siap dan lengkap.

Dorda menjelaskan, DP Kabupaten Seputih Barat dengan luas wilayah 1.353,21 Km2 terdiri dari 8 Kecamatan, dengan Ibu Kota di Padang Ratu seluas 47,96 Ha, yang merupakan hibah dari masyarakat. Sementara, calon DP Kabupaten Seputih Timur dengan luas 1.876,08 Km2 juga terdiri dari 8 Kecamatan, Ibu Kotanya Bumi Nabung dengan luas 10,6 Ha yang juga merupakan hibah murni dari masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Plt Gubernur Kepri Isdianto Minta Ketua MPR RI Percepat Pengesahan RUU Kepulauan Menjadi UU

Selain meninjau calon DP Kabupaten Seputih Barat, rencananya rombongan juga akan kunker meninjau lokasi Ibu Kota DP Kabupaten Seputih Timur, pada Senin (26/9). (Red/KOM)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Seorang Pencuri Menyerahkan Diri Ke Mapolsek Melinting

LAMPUNG1.COM, Seorang tersangka dugaan tindak pidana pencurian, menyerahkan diri ke Mapolsek Melinting, Kabupaten Lampung Timur. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *