Sabtu , September 18 2021
Home / Nasional / Panen Perdana Padi Hibrida, Gubernur Paparkan Swasembada Pangan

Panen Perdana Padi Hibrida, Gubernur Paparkan Swasembada Pangan

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Panen perdana Padi Hibrida di kampung Hargo Rejo Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang dilaksanakan langsung oleh Gubernur Ridho Ficardo didampingi Bupati Hanan A. Razak, Selasa (6/9/2016).

Ridho mengatakan, Provinsi Lampung terus berkomitmen untuk melakukan upaya percepatan pencapaian swasembada padi/beras. Dimana hal tersebut terus diupayakan dapat terealisasi pada tahun 2017.

Menurutnya, saat ini kinerja tanam padi di Provinsi Lampung mengalami peningkatan yang cukup berarti bila dibandingkan kinerja tahun-tahun sebelumnya.

Dari surat elektronik yang diterima lampung1.com, seluas 656.023 hektar tahun 2014, meningkat seluas 58.638 hektar dan 2015 menjadi 714.662 hektar. Peningkatan itu diikuti produksi padi yang naik sebesar 321.831 ton (9,69%) menjadi 3.6 juta ton lebih GKG.

BACA JUGA:  Buka Sidang Paripurna Kwarda Pramuka Lampung Tahun 2021, Chusnunia Chalim Ajak Kader Ciptakan Dewan Kerja yang Handal

Lanjutnya, atas prestasi ini kinerja pertanaman padi Lampung mendapat urutan kedua tingkat nasional setelah Jatim yaitu mencapai 787.472 hektar.

Panen (3)Dalam rangka meningkatkan produksi padi Lampung, Pemprov telah menebitkan Perda Nomor 17/2013 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan di Provinsi Lampung serta melakukan cetak sawah seluas 11.995 hektar yang akan dilaksanakan di 4 Kabupaten se-Provinsi Lampung.

“Diharapkan tahun ini kegiatan cetak sawah memberikan kontribusi produksi dan mendukung upaya peningkatannya secara berkelanjutan” ujar Gubernur.

BACA JUGA:  GP Ansor Bagi Ribuan Masker Gratis Di Lampung Timur

Gubernur menyatakan siap mendukung terwujudnya swasembada padi, jagung dan kedelai juga termasuk cabe dan bawang merah. Dalam upaya tersebut, pihaknya telah melakukan pengaturan debit air serta memaksimalkan bantuan berupa sumur bor, groundtank dan pompa air baik dari Pemda maupun dari Kementrian Pertanian.

“Target peningkatan produksi padi 1 juta ton pada tahun 2016, insyaAllah akan dapat direalisasikan sebagaimana arahan Bapak Menteri Pertanian” kata Ridho.

Panen (2)Bupati Tulang Bawang Hanan A. Rozak menambahkan, Kecamatan Rawajitu Selatan merupakan salah satu penghasil padi terbesar di Tuba. Dengan produksi padi 78.618 ton dan panen yang akan dilaksanakan saat ini adalah panen raya padi hibrida jenis PP 3 seluas 500 hektar.

BACA JUGA:  ''Rumah Direhab Pak Tentara, Saya Akan Syukuran Kecil-Kecilan''

Namun pihaknya masih mengalami beberapa kendala dalam rangka usaha pertanian tanaman pangan di daerahnya. Bupati berharap, dukungan Pemprov Lampung melalui kemudahan memperoleh sarana produksi pertanian, dukungan infrastruktur pertanian serta dukungan modal bagi gapoktan dan poktan.

Kabag Humas Heriyansyah menambahkan, dalam acara tersebut turut hadir Anggota Forkopimda Provinsi dan Kabupaten Tuba, serta Jajaran Kepala SKPD. (Red/L1)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Wakapolda Lampung Pantau Vaksinasi Massal COVID-19 Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subiyanto, pada Sabtu (18/9), memantau langsung proses pelaksanaan Vaksinasi Massal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *