Minggu , Agustus 1 2021
Home / Hukum Kriminal / Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan Narkotika Senilai Rp. 40,5 Miliar

Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan Narkotika Senilai Rp. 40,5 Miliar

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Tim gabungan dari Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan berhasil gagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu dan pil ekstacy senilai Rp. 40,5 Miliar, yang akan dibawa ke Pulau Jawa, Kamis (15/9) sekitar pukul 05.20 WIB.

13,7 kg sabu-sabu dan 100.000 butir pil ekstacy itu rencananya akan dikirim ke Jakarta. Barang haram yang berasal dari Medan, Sumatera Utara, tersebut berhasil diamankan saat akan menyebrang menggunakan jasa angkutan kapal penyebrangan diseaport interdiction Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

BACA JUGA:  Jalan Dibangun Tentara, Warga Cari Rejeki Semakin Lancar

Direktorat Narkoba Polda Lampung Kombes Pol. Agustinus Berlianto Pangaribuan didampingi Kasat Narkoba Res Lampung Selatan AKP. Syahrial, mengatakan barang haram tersebut dibawa oleh tersangka berinisial RS (32) warga Dusun Kuta Di Balang Desa Pante, Kecamatan Peusang, Kabupaten Bireun, Aceh, dengan menggunakan truck fuso tronton nomor polisi B 9697 JK.

Untuk mengelabuhi petugas, barang haram tersebut dikemas dalam beberapa tas yang disimpan atau diselipkan diatas kabin bagian depan kendaraan yang dibawa tersangka.

BACA JUGA:  Ini Cara Satgas TMMD Jaga Kualitas Hasil Cor

Selain mengamankan truk dan pengemudi, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 14 bungkus plastik sabu seberat 13,7 kg, 50 bungkus plastik pil ekstacy sebanyak 100.000 butir, 1 buang tas jinjing, 1 tas koper, 1 tas ransel, 3 buah handphone, serta SIM milik tersangka.

“Jika barang haram ini sampai lolos, dikhawatirkan sebanyak 68.500 orang menjadi korban narkoba jenis shabu sebanyak 13,7 Kg dengan asumsi dikonsumsi 5 orang untuk 1 gramnya. Dan pil exstacy yang berjumlah 100.000 butir jika lolos dikhawatirkan sebanyak 100.000 orang menjadi korbannya dengan asumsi untuk 1 butir pil dikonsumsi 1 orang,” katanya.

BACA JUGA:  Bupati Pesibar Hadiri Deklarasi Damai Pemilu 2019

Hingga kini, polisi masih melakukan penyelidikan terkait pengakuan tersangka yang mengaku hanya sebagai kurir atas suruhan si pemilik barang bernama Saini yang diduga berada di Medan, Sumatera Utara.

RS dijerat dengan ancaman penjara seumur hidup, sementara Saini yang diduga pemilik barang masih masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). (Pranata)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

HUT Bhayangkara Ke 75 Polsek Rawa Pitu Lakukan Vaksinasi Massal Tahap II

LAMPUNG1.COM,Tulang Bawang – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 75 Polsek Rawa Pitu …

One comment

  1. prestasi luar biasa polisi lampungselatan berhasil gagalkan penyelundupan narkoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *