Rabu , Juni 15 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Ternyata Kartu Kombo Tidak Hanya Untuk Ambil Bantuan Saja

Ternyata Kartu Kombo Tidak Hanya Untuk Ambil Bantuan Saja

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Kartu kombo tidak hanya dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan seperti fungsi LKD, namun juga dapat digunakan untuk bertransaksi seperti tarik tunai atau transfer, dan menabung, selayaknya fungsi bank nirkantor (branchless banking).

Hal itu disampaikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat peresmian e-waroeng dengan didampingi Dirjen Linjamsos, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung, dan beberapa pejabat di lingkungan Kemensos RI, di Jl. Wartawan, Kelurahan Gunung Sulah, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, Minggu (4/9).

BACA JUGA:  Cegah Peyebaran Covid-19, Anggota Koramil 426-02 Lakukan Patroli di Tempat Keramaian

Pada kesempatan itu, Khofifah membagikan kartu kombo secara simbolis kepada para sasaran program. Kartu kombo dapat digunakan untuk mengambil bantuan sosial beras sejahtera (rastra) seperti beras, gula, tepung, dan minyak dengan harga bersubsidi, serta bantuan PKH.

Masyarakat penerima bantuan hanya tinggal membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diterbitkan oleh empat Bank dalam Himbara, yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indoensia dan Bank Tabungan Negara, kemudian ditukarkan di “e-waroeng”. Untuk wilayah Bandar Lampung memakai kartu yang dikeluarkan oleh BRI.

BACA JUGA:  Puluhan Awak Media Lamsel Disuntik Vaksin Covid-19

Menurut Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos RI Hari Hikmad, kartu KKS ini dapat membuat distribusi bansos memenuhi kaidah 6T, yakni tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

Sementara, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung menjelaskan e-warong seperti koperasi yang anggotanya adalah warga penerima bantuan sosial, sedangkan isi waroengnya berasal dari Bulog yang harganya lebih rendah dari pasaran. Keuntungan waroeng yang didapat dari transaksi digital akan dibagi setiap tahun kepada anggotanya. e-waroeng tidak melayani transaksi masyarakat yang tidak memiliki kartu KKS. (Red/KOM)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Kejari Tuba Tetapkan Dua Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa Asal Tubaba

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Kejaksaan Negeri Tulangbawang menetapkan dua tersangka tindak pidana korupsi. Hal itu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.