Selasa , Agustus 3 2021
Home / Ekonomi / Warga Lampung Bisa Belanja dengan Harga Murah di E-Warung

Warga Lampung Bisa Belanja dengan Harga Murah di E-Warung

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa resmikan E-Warung di Jalan Wartawan, kelurahan Gunung Sulah, Sukarame, Bandar Lampung. Dia juga membagikan kartu kombo secara simbolis kepada para sasaran program.

Kehadiran Menteri Sosial RI didamping Dirjen Linjamsos Hari Hikmad, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung dan beberapa pejabat di lingkungan Kemensos RI, Minggu (4/9/2016).

Sebelum meresmikan Elektronik Warung kelompok usaha bersama dan program keluarga harapan (E-Warung KUBE PKH), Mensos membagikan kartu kombo secara simbolis kepada warga yang menjadi sasaran program tersebut.

Nantinya kartu tersebut digunakan untuk alat tukar bantuan sosial non-tunai. Dan kartu kombo itu akan diuji coba di 40 kota hingga akhir 2016.

BACA JUGA:  Bupati Malang Pukul Gong, TNI Kodim 0818 Malang Batu Resmi Bekerja Untuk Rakyat

“Jika uji cobanya lancar, Januari 2017, seluruh bantuan sosial dari pemerintah dapat disalurkan melalui alat kombo Kartu Kelaurga Sejahtera (KKS) Merah Putih” kata Mensos.

“Pada 1 Januari 2017, kami terapkan semua untuk Program Keluarga Harapan dan Beras” lanjut dia.

Khofifah mengatakan, dalam uji coba atau proyek percontohan ini kartu kombo dapat digunakan untuk mengambil bantuan sosial beras sejahtera (rastra), dan bantuan PKH. Kartu kombo itu digunakan di E-Warung yang juga berfungsi sebagai agen Layanan Keuangan Digital (LKD).

BACA JUGA:  Para “Tokoh” Juga Ikut Sempurnakan Karya TMMD

Ia menjelaskan, penerima bansos tinggal membawa KKS yang diterbitkan oleh 4 bank dalam Himbara yakni Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Kemudian menukarnya di e-warung tersebut.

“Untuk kota bandar lampung memakai kartu yang dikeluarkan oleh BRI” paparnya.

Dengan KKS tersebut, masyarakat dapat menerima bahan pangan pokok rastra yaitu beras, gula, tepung, dan minyak dengan harga subsidi.

Khofifah yang mengaku penggemar berat kopi Lampung tanpa gula ini mengatakan, kartu kombo tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan seperti fungsi LKD, namun juga dapat digunakan untuk bertransaksi seperti tarik tunai atau transfer, dan menambung layaknya fungsi bank nirkantor (branchless banking).

BACA JUGA:  Gelar Komsos, Satgas TMMD 110 Bojonegoro Dukung Pengrajin Dompet Tambakrejo

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos RI Hari Hikmad menambahkan, kartu KKS ini mampu mendistribusikan bansos memenuhi kaidah 6T yakni tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung menerangkan, E-Warung merupakan koperasi yang anggotanya warga penerima bansos. Isinya dari Bulog, maka harganya lebih murah dari pasaran.

“E-Warung tidak melayani transaksi dari masyarakat selain yang memiliki kartu KKS sehingga tidak menjadi saingan bagi pedagang disekitarnya” jelas Andi. (Red/Kom)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Sekdinkes Tubaba : Syarat Buka Praktik Perawat Mandiri di Tubaba Hanya Dengan Rekomendasi Dinkes Saja

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat – Menurut Eka Riana Sekretaris Dinas kesehatan Tulang Bawang Barat, hanya …

2 comments

  1. Semoga bisa tercapai….

  2. semoga tujuan nya bisa tercapai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *